Muslimah dan Kesehatan

Macam-macam Gangguan Haid

Posted on: 24/04/2011

Wanita yang telah mencapai usia baligh, secara normal akan mendapatkan haid tiap bulannya. Akan tetapi kondisinya belum tentu sama antara wanita satu dengan yang lainnya. Beberapa dari mereka mengalami kondisi yang normal, namun sebagian yang lain memiliki masalah-masalah seputar darah haid yang cukup mengganggu aktivitasnya. Ada baiknya para pembaca (khususnya wanita) mengetahui apa saja masalah-masalah dan gangguan-gangguan seputar darah haid. Sehingga kita bisa memiiliki pengetahuan tentangnya dan berharap bisa mencari solusinya.

Klasifikasi

Gangguan haid dan siklusnya dalam masa reproduksi dapat digolongkan dalam:

1. Kelainan siklus : Amenorea, Oligomenorea, Polimenorea

2. Kelainan dalam banyaknya darah dan lamanya perdarahan pada haid: Hipermenorea atau menoragia dan Hipomenorea

3. Perdarahan di luar haid : Metroragia

1. Amenorea

Definisi

Amenorea adalah keadaaan tidak terjadinya haid pada seorang wanita. Hal tersebut normal terjadi pada masa sebelum pubertas, kehamilan dan menyusui, dan setelah menopause. Amenorea sendiri terbagi dua, yaitu:

a. Amenorea primer, yaitu keadaan tidak terjadinya haid pada wanita

usia 16 tahun.

b. Amenorea sekunder, yaitu tidak terjadinya haid selama 3 siklus (pada

kasus oligomenorea/jumlah darah haid sedikit), atau 6 siklus setelah sebelumnya mendapatkan siklus haid biasa.

Penyebab

Penyebab tersering dari amenorea primer adalah:

  • Pubertas terlambat
  • Kegagalan dari fungsi indung telur
  • Agenesis uterovaginal (tidak tumbuhnya organ rahim dan vagina)
  • Gangguan pada susunan saraf pusat
  • Himen imperforata yang menyebabkan sumbatan keluarnya darah haid, dapat dipikirkan apabila wanita memiliki rahim dan vagina normal

Penyebab terbanyak dari amenorea sekunder adalah kehamilan, setelah kehamilan, menyusui, dan penggunaan metode kontrasepsi. Jika sebab-sebab tersebut bisa disingkirkan, maka penyebab lainnya adalah:

  • Obat-obatan
  • Stres dan depresi
  • Nutrisi yang kurang, penurunan berat badan berlebihan, olahraga berlebihan, obesitas
  • Gangguan hipotalamus dan hipofisis
  • Gangguan indung telur
  • Penyakit kronik

Tanda dan Gejala

Tanda amenorea adalah tidak didapatkannya haid pada usia 16 tahun, dengan atau tanpa perkembangan seksual sekunder (perkembangan payudara, perkembangan rambut pubis), atau kondisi dimana wanita tersebut tidak mendapatkan haid padahal sebelumnya sudah pernah mendapatkan haid. Gejala lainnya tergantung dari apa yang menyebabkan terjadinya amenorea.

2. Oligomenorea

Definisi

Oligomenorea merupakan suatu keadaan dimana siklus haid memanjang lebih dari 35 hari, sedangkan jumlah perdarahan tetap sama. Wanita yang mengalami oligomenorea akan mengalami haid yang lebih jarang daripada biasanya. Namun, jika berhentinya siklus haid berlangsung lebih dari 3 bulan, maka kondisi tersebut dikenal sebagai amenorea sekunder.

Penyebab

Oligomenorea biasanya terjadi akibat adanya gangguan keseimbangan hormonal pada aksis hipotalamus-hipofisis-ovarium. Gangguan hormon tersebut menyebabkan lamanya siklus haid normal menjadi memanjang, sehingga haid menjadi lebih jarang terjadi. Oligomenorea sering terjadi pada 3-5 tahun pertama setelah haid pertama ataupun beberapa tahun menjelang terjadinya menopause. Oligomenorea yang terjadi pada masa-masa itu merupakan variasi normal yang terjadi karena kurang baiknya koordinasi antara hipotalamus, hipofisis dan ovarium pada awal terjadinya haid pertama dan menjelang terjadinya menopause, sehingga timbul gangguan keseimbangan hormon dalam tubuh. Disamping itu, oligomenorea dapat juga terjadi pada:

  • Gangguan indung telur, misal : Sindrome Polikistik Ovarium (PCOS)
  • Stres dan depresi
  • Sakit kronik
  • Pasien dengan gangguan makan (seperti anorexia nervosa, bulimia)
  • Penurunan berat badan berlebihan
  • Olahraga berlebihan, misal atlit
  • Adanya tumor yang melepaskan estrogen
  • Adanya kelainan pada struktur rahim atau serviks yang menghambat pengeluaran darah haid
  • Penggunaan obat-obatan tertentu

Umumnya oligomenorea tidak menyebabkan masalah, namun pada beberapa kasus, dapat menyebabkan gangguan kesuburan. Pemeriksaan ke dokter kandungan harus dilakukan ketika oligomenorea berlangsung lebih dari 3 bulan dan mulai menimbulkan gangguan kesuburan.

3. Polimenorea

Definisi

Ketika seorang wanita mengalami siklus haid yang lebih sering (siklus haid yang lebih singkat dari 21 hari), hal ini dikenal dengan istilah polimenorea. Wanita dengan polimenorea akan mengalami haid hingga dua kali atau lebih dalam sebulan, dengan pola yang teratur dan jumlah perdarahan yang relatif sama atau lebih banyak dari biasanya.

Polimenorea harus dapat dibedakan dari metroragia. Metroragia merupakan suatu perdarahan iregular yang terjadi di antara dua waktu haid. Pada metroragia, haid terjadi dalam waktu yang lebih singkat dengan darah yang dikeluarkan lebih sedikit.

Penyebab

Timbulnya haid yang lebih sering ini tentunya akan menimbulkan kekhawatiran pada wanita yang mengalaminya. Polimenorea dapat terjadi akibat adanya ketidakseimbangan sistem hormonal pada aksis hipotalamus-hipofisis-ovarium.

Ketidak seimbangan hormon tersebut dapat mengakibatkan gangguan pada proses ovulasi (pelepasan sel telur) atau memendeknya waktu yang dibutuhkan untuk berlangsungnya suatu siklus haid normal sehingga didapatkan haid yang lebih sering. Gangguan keseimbangan hormon dapat terjadi pada:

  • 3-5 tahun pertama setelah haid pertama
  • Beberapa tahun menjelang menopause
  • Gangguan indung telur
  • Stress dan depresi
  • Pasien dengan gangguan makan (seperti anorexia nervosa, bulimia)
  • Penurunan berat badan berlebihan
  • Obesitas
  • Olahraga berlebihan, misal atlit
  • Penggunaan obat-obatan tertentu, seperti antikoagulan, aspirin, NSAID, dll

Pada umumnya, polimenorea bersifat sementara dan dapat sembuh dengan sendirinya. Penderita polimenorea harus segera dibawa ke dokter jika polimenorea berlangsung terus menerus. Polimenorea yang berlangsung terus menerus dapat menimbulkan gangguan hemodinamik tubuh akibat darah yang keluar terus menerus. Disamping itu, polimenorea dapat juga akan menimbulkan keluhan berupa gangguan kesuburan karena gangguan hormonal pada polimenorea mengakibatkan gangguan ovulasi (proses pelepasan sel telur). Wanita dengan gangguan ovulasi seringkali mengalami kesulitan mendapatkan keturunan.

4. Menoragia atau Hipermenorea

Definisi

Menoragia atau hipermenorea adalah perdarahan haid yang lebih banyak dari normal (lebih dari 80ml/hari) atau lebih lama dari normal (lebih dari 8 hari), kadang disertai dengan bekuan darah sewaktu haid. Siklus haid yang normal berlangsung antara 21-35 hari, selama 2-8 hari dengan jumlah darah haid sekitar 25-80 ml/hari.

Gejala

Penderita menoragia dapat mengalami beberapa gejala seperti:

  • Perlu mengganti pembalut hampir setiap jam selama beberapa hari berturut-turut
  • Perlunya mengganti pembalut di malam hari atau pembalut ganda di malam hari
  • haid berlangsung lebih dari 7 hari
  • Darah haid dapat berupa gumpalan-gumpalan darah
  • Haid yang berlangsung berkepanjangan dengan jumlah darah yang terlalu banyak untuk dikeluarkan setiap harinya dapat menyebabkan tubuh kehilangan terlalu banyak darah sehingga memicu terjadinya anemia. Terdapat tanda-tanda anemia, seperti napas lebih pendek, mudah lelah, pucat, kurang konsentrasi, dll.

Penyebab

Timbulnya perdarahan yang berlebihan saat terjadinya haid (menoragia) dapat terjadi akibat beberapa hal, diantaranya:

1. Adanya kelainan organik, seperti:

  • infeksi saluran reporduksi
  • kelainan koagulasi (pembekuan darah), misal : akibat von willebrand disease, kekurangan protrombin, idiopatik trombositopenia purpura (ITP), dll
  • Disfungsi organ yang menyebabkan terjadinya menoragia seperti gagal hepar atau gagal ginjal. Penyakit hati kronik dapat menyebabkan gangguan dalam menghasilkan faktor pembekuan darah dan menurunkan hormon estrogen.

2. Kelainan hormon endokrin misal akibat kelainan kelenjar tiroid dan kelenjar adrenal, tumor pituitari, siklus anovulasi, Sindrome Polikistik Ovarium (PCOS), kegemukan, dll

3. Kelainan anatomi rahim seperti adanya mioma uteri, polip endometrium, hiperplasia endometrium, kanker dinding rahim dan lain sebagainya.

4. Iatrogenik : misal akibat pemakaian IUD, hormon steroid, obat-obatan kemoterapi, obat-obatan anti-inflamasi dan obat-obatan antikoagulan.

 


5. Hipomenorea

Definisi

Hipomenorea adalah perdarahan haid yang lebih pendek dan atau lebih kurang dari biasa. Penyebab Hipomenorea disebabkan oleh karena kesuburan endometrium kurang akibat dari kurang gizi, penyakit menahun maupun gangguan hormonal

 


6. Metroragia

Definisi

Metroragia adalah perdarahan yang tidak teratur dan tidak ada hubungannya dengan haid. Metroragia merupakan suatu perdarahan iregular yang terjadi di antara dua waktu haid. Pada metroragia, haid terjadi dalam waktu yang lebih singkat dengan darah yang dikeluarkan lebih sedikit. Metroragia tidak ada hubungannya dengan haid, namun keadaan ini sering dianggap oleh wanita sebagai haid walaupun hanya berupa bercak

Klasifikasi

  1. Metroragia oleh karena adanya kehamilan, seperti abortus, kehamilan ektopik.
  2. Metroragia diluar kehamilan

Penyebab

1. Metroragia diluar kehamilan dapat disebabkan oleh luka yang tidak sembuh, carcinoma corpus uteri, carcinoma cervicitis, peradangan dari haemorrhagis (seperti kolpitis haemorrhagia, endometritis haemorrhagia), hormonal.

2. Perdarahan fungsional:

  • Perdarahan Anovulatoar, disebabkan oleh psikis, neurogen, hypofiser, ovarial (tumor atau ovarium yang polikistik) dan kelainan gizi, metabolik, penyakit akut maupun kronis.
  • Perdarahan Ovulatoar, akibat korpus luteum persisten, kelainan pelepasan endometrium, hipertensi, kelainan darah dan penyakit akut ataupun kronis.

Yogyakarta, 06 MAret 2011

Penulis: dr. Avie Andriyani

© 2011. Artikel http://ummushofiyya.wordpress.com

About these ads

180 Tanggapan to "Macam-macam Gangguan Haid"

Assalamu’alaikum warohmatullohi wabarokatuh

Izin copas ya Umm..jazaakillahu khoyron katsiro

Wa’alaikumussalam wa rahmatullahi wa barakatuh,

Ya, silakan Umm..Amin, wa iyyaki..

Aslm
Saya mau bertanya masalah haid saya
Sebelumnya haid saya teratur tp entah knapa akhr2 ini tdk teratur. Dlm thun ini 3bln baru haid, kemudian 2bulan baru keluar lagi dan sekarang sudah 2bulan belum haid2 itu kenapa ya
Mohon penjelasanya terma ksh

#Tita

Wa’alaikumussalam…permasalahan haid tidak lancar keanyakan karena faktor hormonal yang dipengaruhi juga oleh stres, capek, dsb. periksakan ke Sp.OG, jika haid tak kunjung datang juga.

Assalamua’laikum wr.wb
Sy udh dr hmpir sebulan alami pendarahan,stlh sy cb usg kata dokter ada bagian pd rahim yg menebal enth itu polip atau gangguan hormon az,sy saat ini sngt stress mikirin sakit sy ini.sy sdh lakukan pap smear tp blm ada. Hslnya jg,sdngkn sy sngat kuatir. Apkh ini kanker atau apa,jk polip langkah slnjtnya apa lg?cm itu az y mba tlg sarannya krn sy saat ini bingung hrs bgmn

# Anisya

Wa’alaikumussalam warahmatullah wabarakatuh,

Penebalan dinding rahim paling sering disebabkan oleh kondisi hormonal. Sebaiknya anti ikuti serial pemeriksaan yang dianjurkan dokter kandungan dengan tenang. Karena semakin anti stres justru makin mengacaukan kondisi hormon di tubuh anti. Jika memang benar ada polip, penanganannya dengan dikuret dan selanjutnya jaringan tersebut diperiksa di lab patologi abatomi untuk mengetahui ganas atau tidaknya.

Istri saya setelah kuret tidak berhenti pendarahannya selama 3 bulan.
Kemudian berhenti selama 3 minggu,dan pendarahan kembali.
Sebelum pendarahan kembali,sempat di transfusi darah,krn HB nya 5,2.
Ada dokter yg mengatakan kelainan hormon,tetapi kalau kelainan hormon kok baru sekarang terjadi pendarahan yg tidak normal??setelah kuret?
Ada dokter yang mengatakan mungkin saat kuret ada yang tidak sesuai dalam pengerjaannya…
Sekarang ini istri saya disuruh minum cyclo proginova..sudah 2 periode.
Periode pertama setelah 10 hari minum,darahnya berhenti 8 hari,kemudian keluar lagi.
Periode 2 belum ada berhenti,paling ada cuma dari malam ke siang,tetapi sore keluar lagi.
Tolong kasih gambaran dong dok??
Kira2 apasih yg terjadi sama istri saya,setelah kuret ini?kok org lain habis kuret paling hanya 2 atau 3 minggu aja pendarahannya.thanks

Seorang dengan Hb rendah memiliki risiko perdarahan lebih berat dibanding yang Hb nya normal. Saya sarankan untuk cek kadar Hb lagi dan mengonsumsi tablet besi secara teratur.

Asw. Dokter.. Sy sdh 25 hari pendarahan. Awalnya haid tp smp hr ini blm jg berhenti. Sy sedang dlm pengobatan radang paru & assimetris tonsil. Juga baru mulai kb suntik. Menrt dkter kandungan mungkin krn sy tidak cocok dengan kb suntik. Jd skrng sy tdk kb, tapi pendarahan sy tdk jg berhenti. Apa yg hrs sy lakukan dok? Jzklh khayran katsir.. -ummu farha-

#Fajriani ulfa
Kemungkinan apa yang anti alami memang terkait dengan KB suntik yang merupakan KB hormonal, sehingga untuk menormalkan kembali butuh waktu. Kami sarankan untuk menemui dokter SpOG supaya mendapatkan obat untuk menghentikan perdarahan dan tablet besi jika perlu, karena perdarahan yang berkepanjangan bisa mengakibatkan anemia.

assalamualaikum.
izin bertanya, saya berumur menjelang 18 tahun.
akhir-akhir ini saya mengalami sedikitnya haid yg keluar. dan hanya berwarna coklat. tidak ada darahnya. dan hanya selama 3 hari. setelah itu tidak mengeluarkan apa-apa lagi.
pertama kali saya mengalami hal tersebut pada bulan oktober tgl 17. pada haid berikutnya, di awal haid saya mengalami gejala yg sama namun pada akhir nya darah haid keluar seperti normal. lalu saat ini saya sudah jalan 5 minggu blm haid dan yg keluar hanya berwarna coklat seperti bulan oktober lalu tanpa darah merah.
apa penyebabnya dan apa solusinya?
mohon bantuannya, trims.

#Lina
Wa’alaikumussalam..Penyebabnya kemungkinan adalah faktor hormonal yang belum stabil, mengingat usia anti yang tergolong masih muda, sehingga tidak perlu terlalu dikhawatirkan, apalagi meski terlambat dan sesekali hanya berupa bercak coklat, tapi masih terjadi haid seperti biasa. Hal tersebut bisa dipicu oleh stress, sehingga mengacaukan kondisi hormon dalam tubuh

asalamualaikum..
saya mau bertanya bbrapa bulan ini haid saya darah nya tidak normal seperti biasanya..
apakah itu normal ? padahal tidak ada keluhan lain hanya cairannya seperti lendir atau darah beku…
mohon penjelasan nya..

#Sari
wa’alaikumussalam..Perlu dikatahui bahwa darah haid pada hakikatnya bukan darah cair biasa, tapi memang seperti lender dan kadang disertai gumpalan-gumpalan darah. Jadi anti tidak perlu khawatir karena sifat darah haid yang anti alami insyaAllah masih tergolong normal.

mau tanya um,
saya baru selesai nifas. kata dokter darah nifas sdh bersih.. tapi setelah itu saya haid dalam sebulan sampai 2 kali.. apa termasuk polimenorea?

#Ummu Salman
Setelah nifas, biasanya kondisi hormonal ibu belum pulih seperti saat sebelum hamil, apalagi jika ibu tersebut menyusui. Sehingga kondisi haid yang tidak teraturdengan frekueni lebih sering/jarang/justru tidak haid adalah hal biasa. Maka kondisi anti yang mengalami 2x haid dalam sebulan, belum bisa langsung dikategorikan sebagai Polimenorea.

4I Cynthia
assalammu’alaikun wr. wb.
mohon infonya anti, setelah menikah siklus haid saya tdk teratur, setiap bln selisih hari mundur nya makin kesana makin byk..
misal, bln 1 tgl 4, lalu bln 2 tgl 14, lalu bergeser lg bln depannya 20 hari, nah skrg saya telat hampir 25 hari.
dan 2 bln terakhir ini hari pertama haid, yg keluar gumpalan darah yg ukurnny ckp besar.. dipegang seperti tetelan gitu anti, knpa ya anti kira2??
terimaksih.
wassalamm.

#Cynthia

Wa’alaikumussalam warahmatullah wabarakatuh,
Siklus haid tidak teratur kebanyakan karena factor hormonal. Mungkin saja anti sedang stress atau capek. Gumpalan darah pada saat haid sebenarnya biasa terjadi, tapi jika disertai kontraksi/nyeri perut setelah sebelumnya terlambat haid, maka perlu segera anti periksakan ke dokter SpOG.

asalamualaikum wr wb.
saya sudah hampir 2 tahun tidak haid,kalaw mo haid harus di pancing terlebih dahulu dengan obat perangsang misal:mercilon
yangg saya ta’yakan apakah saya akan teratur lagi siklus haid’ya?dan apa masih subur?

# Ummu Mujayanah

wa’alaikumussalam warahmatullah wabarakatuh
Kami tidak bisa memastikan apakah haid anti bisa normal kembali. Namun jika melihat riwayat haid yang harus dipicu obat, memang sepertinya terjadi gangguan hormonal yang harus diatasi. Untuk masalah kesuburan, selama masih ada sel telur yang dihasilkan, maka masih memungkinkan terjadi pembuahan.

Assalaamu alaykum, dokter. Saya berusia 35 thn dan belum menikah.Bulan december saya selesai haid tgl 26 december, setelah itu mulai tgl 4 january keluar flek coklat bnyak dan range waktu itu ad 2 malam bersih dan setelah itu tgl 14 january smp tgl 21 january kluar darah (maaf , sperti darah haid plus flek coklat) . Saya berobat ke dokter kandungan dan diberikan obat u/ menghentikan pendarahan tp smp skrng belum ada tanda-tanda bersih, dokter hnya usg dan tidak bisa memeriksa vagina saya dengan alat krna saya belum menikah. Yang ingin saya tanyakan , apa penyebab dari hal seperti yang saya ceritakan tadi. Dan apkah ini penyakit karena selama ini saya selalu teratur. Sebelumnya terima kasih untuk penjelasannya.

wa’alaykumussalam. Sayang sekali Anda tidak menyebutkan bagaimana hasil USG nya. Jika baik-baik saja, maka kemungkinan paling mendekati adalah faktor hormonal saja, pemicunya bisa capek atau stres. Anda tidak perlu terlalu khawatir, apalagi ini baru terjadi 1X setelah sebelumnya normal dan teratur. Saya sarankan untuk istirahat dan rileks, sambil melakukan observasi bagaimana kondisi haid pada siklus berikutnya, apakah masih tetap sama atau kembali normal. Tentu saja Anda tetap harus meminum obat yang diberikan dokter kandungan dan kontrol lagi jika belum ada perubahan.

assalamu’alaykum dok, saya minta izin copas e-book nya boleh ya?

Wa’alaikumussalam, boleh aja…silakan um

assalamu’alaykum dok, saya mau tanya kenpa saya datang bulan ini ngak seperti biasanya, dtg lebih cepat dr tanggal biasanya dan datang ini agak coklatan gtu bhaya ngak dok ?? makasih

assalamu’alaikum wr wb… dok saya mau konsul, kenapa setiap kali saya haid selalu merasakan kesakitan seperti melilit, seluruh tubuh saya lemas sampai2 panas dingin, juga sering bab, hingga 1jam saya merintih kesakitan, mhon bantuannya! trmksh

Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh. Nyeri haid atau dismenorhea sebenarnya adalah hal yang wajar dialami oleh setiap wanita haid, namun jika sampai berlebihan seperti yang nunung rasakan, sebaiknya diperiksakan ke dokter Sp.OG supaya diketahui penyebabnya. Karena bisa jadi merupakan gejala endometriosis atau kelainan yang lain.

assalamualaikum wr. wb.
saya biasa’a haid tnggal 12 , dan biasa’a seminggu sbelum haid ada gejala’a..
tpi koq skarang blum ada gejala’a..
knapa ya dok?

# maelani
Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh. Kemungkinan memang haidnya mundur dari tanggal biasanya. biasanya karena faktor hormon atau bisa juga karena kecapekan, stres, dll

Assamualaikun Dok..

saya mau tany sudah hampir 1 satu bulan ini saya mentruasi tidak normal..dalam artian kluar darah ny trus menerus 1/2 hari ga kluar tapi nanti kluar lagi..
apkah itu mentruasi biasa atau brhubungan dengan penyakit..??

# Iyuek
Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh. Dihitung saja sesuai kebiasaan haid sebelumnya meskipun darah kadang keluar kadang tidak. Selebihnya termasuk darah penyakit

Ass.wr.wb
sy berusia 39 th, menikah dan tdk pakai KB. sdh beberapa bulan ini sy mengalami pendarahan pasca menstruasi, baru selesai 4 atau 5 hari kembali terjadi flek/bercak yg waktunya lama dan bisa nyambung dg waktu menstruasi berikutnya. sy sdh ke dokter kandungan dan tes pupsmear hasil baik hanya ada bakteri saja, lalu sy diberi obat. menurut dokter pula keadaan sy ini hanya masalah hormon saja.
yg saya tanyakan 1. apakah keadaan sy ini hanya masalah hormon saja
2. apakah ada indikasi penyakit tertentu
mohon penjelasannya, trimksh Wassalam

Melihat dari penjelasan Farah, apalagi hasil tes juga normal, maka kemungkinan besar memang masalah hormon saja

Assalmu’alaykum wr wb.
Dok,sy single usia 30 th. sejak dr SMA kls 1 (krg lbh thn 1999), haid saya mulai panjang periodenya.
Sejak pertama kali haid usia 13 th s.d. usia 16 th (kelas 1 SMA), saya haid 1 bln sekali slm 1 mgg.
Tp setelah itu, haid saya mullai panjang durasinya. Dari 7 hari, kmd jd 10 hr, kmd jd 14 hr, kmd jd 3 mgg dlm siklus haid krg lbh 35 hr.
Waktu suci sy (tdk berdarah) jd sgt pendek. Sy seringkali bingung kpn menentukan waktu solat dan tidak. Setahu saya, haid plg pendek adl 1 hr dan paling lama adl 15 hr.
Alhamdulillah sy blm pernah absen haid, tp ya itu klo pas haid lama bgt.
Oia, haid saya sll dimulai dgn flek, dan br kemudian deras pd hr ke-10 atau h+10. Pada hari2 deras (lbh krg 3 hari) darah yn keluar disertai gumpalan jg.
Sy sudah pernah terapi hormon, antibiotik, sampai pengobatan herbal. Tp smp sekarang blm menunjukkan hasil yg signifikan.

Menurut analisis Dokter, sy knp? apa yg hrs sy lakukan?

Wa’alaykumussalam, Anda termasuk wanita yang lamanya haid lebih panjang daripada normal. Anda bisa membaca kembali artikel di atas. Karena Anda belum menikah, dampak pada kesuburan (memperoleh keturunan) belum bisa diketahui. Namun, ada baiknya mulai dari sekarang Anda memeriksakan diri ke dokter kandungan supaya diperiksa (salah satunya dengan USG) dan selanjutnya bisa diterapi hormon untuk mengembalikan kembali ke siklus haid dan lamanya haid yang normal.

aslmkm,,
umur sya mnjelang 16 thn,klau haid sya tdk prnah tratur trus dlu prnah 2 bln baru haid dan brlanjut normal tp skrang udah 2 bln lbih ko’ g’ muncul”. Dan kdang’ skit prut lyak’nya org haid.kra” knp ya,,? apa da pnyakit d’rahim sya,,??

# Ririn
Karena usia Ririn yang masih relatif muda maka kemungkinan masalah hormon. Cobalah untuk tidak stres. namun jika tak kunjung haid juga, sebaiknya menemui dokter untuk mendapatkan pengobatan agar mendapatkan haid

Assalamu’alaikum..Dok sy sdh telat 2 minggu tp setelah sy tes hasilnya negatif namun pada tgl 15 Februari 2012 sy haid namun haid sy sdh lbh 2 pekan blm berhenti jg,pekan pertama keluarnya banyak,pekan ke2 hanya flek….apa jenis gangguan haid saya dan bolehkah sy melakukan sex..Jazakillah khoir

# arjuno
Jika hanya berupa flek-flek saja, dihitung saja lamanya seperti kebiasaan haid sebelumnya, kemudian bersuci

assalamualaikum ..
saya pria 20th dan pacar saya 19th , kami sudah sering melakukan hubungan intim , namun akhir” ini kemaluan pacar saya mengeluarkan darah berwarna kecoklat”an sperti darah” haid padahal dia tidak sedang dalam masa haid , dan itu sudah terjadi slama 3hari , darah itu kluarnya hanya sedikit” dan sesekali saja dalam sehari . penyebabnya apa ya ? apakah pacar saya hamil karena ada yg bilang tanda” awal kehamilan itu mengeluarkan bercak” darah ? ooo iya , saya juga ingin berenti melakukan hubungan intim , namun susah rasanya , mohon sarannya .. trimakasih

# radit
Wa’alaikumussalam. Sebaiknya dites kehamilan. Segera bertaubat dan jangan diulangi lagi. Jangan menunda untuk menikah karena sepertinya Anda sudah wajib menikah

haid yang biasanya 6 hari jadi 4 hari dengan volume darah yang keluar lebih banyak dari biasanya, apakah ini termasuk gangguan haid?

# nurin
Kalo hanya maju atau mundur beberapa hari namun masih dalam rentang haid yang wajar maka masih normal. Begitu pula volume darah haid bertambah namun masih wajar (tidak sampai harus berganti pembalut berkali-kali) maka masih wajar. Perubahan hormon tiap bulan memang bisa terjadi.

assalamu’alaikum um…
adakah makanan atau minuman yg membuat haid kita tidak teratur?
Jazakallahu Khoir..

wa’alaykumussalam, setau saya tidak ada

assalamualaikum…dok saya mau tanya, kok saya semenjk dewasa umur 16 thn smpai skg umur 23 thn kok tidak penah dpt haid hingga skg, penyebab penyakitnya apa ya dok…

wa’alaykumussalam, jika belum pernah haid sama sekali disebut amenorea primer.
Penyebab tersering dari amenorea primer adalah:

Pubertas terlambat
Kegagalan dari fungsi indung telur
Agenesis uterovaginal (tidak tumbuhnya organ rahim dan vagina)
Gangguan pada susunan saraf pusat
Himen imperforata yang menyebabkan sumbatan keluarnya darah haid, dapat dipikirkan apabila wanita memiliki rahim dan vagina normal

Untuk memastikan, baiknya Anda memeriksakan diri ke dokter kandungan

asslm, umi..saya pr 21th sdh menikah, karena msh kuliah saya pil KB Microgynon slma 8 bulan,sdh 1thn sy brhnti KB.dan blm hamil jg..slma brhnti kb sy jd brjerawat,dan haid sy tdk lancar,Mksudnya siklus teratur tapi darah haid tdk langsung keluar melainkan 2-3 hari keluar lendir coklat,,itu kenapa ya?apa itu yg menyebabkan saya susah hamil?

wa’alaiykumussalam, untuk menentukan penyebab belum juga mendapat keturunan, tidak bisa dari 1 pihak saja (istri), apalagi hanya dengan melihat dari ketidakteraturan haid. Harus dilakukan pemeriksaan kedua belah pihak, baik suami maupun istri

Ass..dok saya mau tanya,stlh melahirkan hingga usia anak saya 1,5th siklus haid saya jd berubah..kadang2 haid kadang2 tidak…bulan ini justru haid 2 kali..kenapa ya?

Wanita pasca melahirkan, apalagi masih menyusui memang kadang kala mengalami perubahan dalam kebiasaan haid karena pengaruh hormon menyusui. Insyaallah tidak mengapa.

Assalamualaikum Um, mau tanya. Usia saya 23 th, sudah menikah 3 bulan lalu. Saya punya riwayat kista sebelumny. Haid juga tidak teratur, kdng telat smpe 2-3 bl. Dn setelah menikah, saya periksa ke dktr kandungan, ktnya kista sudah tidak ada. Haid juga sudah normal. Yang saya tanyakan, bulan ini saya mens, tp maju 1 minggu. Yang harusnya tgl 19, tp tgl 12 saya sudah mens, sampe hari ini. Td jg keluar darah kental hitam kemerah2an, sebesar pensil dan memanjang. Perut kdng jg terasa sakit. Apakah itu normal um? Apa penyebabnya?

Sifat darah haid memang berupa darah merah kehitaman, jadi kemungkinan itu hal yang normal saja. Nyeri ketika haid adalah hal yang normal selama tidak sampai berakibat pingsan atau sampai tidak bisa beraktivitas.

Assalamualaikum ,,,, dok ,, saya mau tanya, usia saya 30 tahun ,,, sudah menikah 5 bulan yang lalu, dah 2 bulan yang lalu mengalami keguguran,,, setelah keguguran saya mendapatkan haid pertama dibulan april selama 2 hari dan dibulan mei selama 4 hari,,, dibulan juni hanya 3 hari
darah yang keluar tidak seperti biasanya sebelum saya mengalami keguguran, darahnya hanya sedikit dan tidak disertai gumpalan darah biasanya saya mengalami haid selama seminggu, apakah ini normal dokter ? karena saya ingin sekali segera memiliki anak,
terima kasih atas jawabannya ?

Wa’alaykumussalam, orang yang kegguran seringkali juga mengalami hal seperti orang yang baru saja melahirkan, salah satunya adalah kondisi hormon yang tidak stabil, jadi insyaAllah hal seperti itu wajar. Anda bisa membaca artikel saya tentang keguguran pada blog ini.

Dok aku mau naya umurku 52 thn 2 bln yang lalu aku nggak haid tapi bulan ini haid aku udah 3 minggu ini nggak berhenti2 darah yang keluar disertai dgn gumpalan darah .Aku udah sering haid lebih dari satu minggu pertnyaan aku mungkin aku mau memasuki manopause ya dok mohon penjelasannya mksh

Ass,Dok umur sy 42 th,sdh 3/2bln sy tdk haid,tp pas prtngahan bln Januari kluar flek slama krg lbh satu mgg,kmdian kluar darah bnyk d sertai gumpalan drh mlai dr tgl 1 februari smp skrng msh bnyk drsdn blm berhenti.oh ya sy pnya kluhan d bagian bibir vagina sy ada benjolan tp jk d pgng tdk krs da ukranya pun tdk brbh,kluhan lain keputihan ,panas d lbang vagina pkoknya dr skitar pantat smp betis dan lengan panas,gejal apa itu Dok ?mahon penjelasanya.

#Fatimah titin : Sebaiknya setiap benjolan di vagina segera diperiksakan ke dokter kandungan yang muslimah. Gejala-gejala yang Anda alami sepertinya merupakan gejala menjelang menopause. Anda bisa membaca artikel tentang menopause di blog ini.

Ditunggu dulu sampai 1 tahun, jika sudah berhenti maka sudah masuk kategori menopause. Haid yang tidak teratur memang bisa menjadi tanda menjelang waktu menopause. Anda bisa membaca artikel saya tentang menopause di blog ini.

Dok saya mau tanya,tanggal 4 kemaren saya sudah haid tapi tanggal 24 sampai sekarang (tanggal 27) keluar darah berwarna coklat tapi tidak banyak. Saya takut dok.. Apakah saya hamil?

Untuk memastikan, lakukan tes kehamilan dengan tes pack

Ass,
Dok sy mau tanya.. Sya hbis mlhirkan & sudh mlwti msa nifas tgl 4 juni lalu.,nmun sy tdk ikt kb dkrnakan sy pngin hamil lg krn buah hti kmi yg bru brumur 1 bulan meninggal stlah operasi prdrahan otak..,mslahny sy saat ini sdang mengalami haid yg sudh brlngsung 5 hari dgn volume yg ckup bnyk & kental kehitaman..yg ingin sy tnyakan apakah wajar & apa tidak mengganggu ksuburan saya?trimakasih.

Bagi seorg wanita yg br sj melahirkan,kondisi hormonalnya msh blm stabil. Jd, stlah nifas,mmg kondisi darah haid dan lamanya masa haid blm normal atau blm kmbali spt sblm melahirkan. Kondisi yg Anda sebutkan tdi,tdk bs mnjadi tolak ukur kesuburan.

Ass,
Dok saya mau tanya saya kalau datang bulang 1-3 hari hanya berupa flek bahkan kalau malam hari sampai pagi itu bersih sama sekali lalu siang hari kalau saya beraktifitas keluar sedikit lalu malam bersih lagi begitu seterusnya sampai hari ketiga …. lalu mulai lancar keluar di hari ke 4, 5 lalu bersih, yang mau saya tanyakan apakah boleh saya berhubungan intim pada saat hari ke 1, 2 dan ketiga mengingat kalau malam hari saya tidak keluar darah dok, terima kasih

Tidak boleh,krn haid yg Anda alami msh dlm satu rangkaian..tunggu sampai slesai dl (bersih & tdk kluar darah lg) dan jgn trburu2,kmd brsuci,br boleh berhubungan suami-istri lg.

assalamu’alaikum um…
umi saya sudah 3 bulan belakangan haidnya g bener.setelah haid 10 hari.baru 2 hari suci malah flek lagi.1 hari suci dn sekarang flek lg.kenepa y umi..??apa ada masalah..?

Menjelang menopause, ketidakteraturan haid adalah hal yg biasa trkait dgn kondisi hormonal. InsyaAllah tidak apa2.

siang dok, saya echi umur saya 18thn
saya sering mendapat haid tidak teratur tanggalnya, misal dua blan lalu di tangal2 awal, lalu sebulan lalu ditanggal pertengahn, di blan ini akhir blan, terus saya bingung dok, bulan ini haid saya tidak lancr hanya menelurkan bercak merah kehitam-hitaman ini sudah hari kedua, sebelumnya pernah keluar bercak2 seperti itu tpi hanya 1hari selanjutnya haid lancar dan normal, kira2 saya kenapa yah dong
tolong dijawab
terimakasih sebelumnya :)

Melihat dari umur echi yang masih 18 tahun, hal seperti itu wajar karena hormon pada remaja, apalagi yang baru mendapat haid masih belum stabil. insyaAllah, lama kelamaan akan menjadi teratur. Cukup istirahat dan hindari stres. Jangan lupa berdoa…

Assalamu’alaikum.. Ummy.. Ana seorang pelajar Man,,umur ana menjajaki usia 17 tahun.. Ana kalo haid jadi lemes sperti dehidrasi (kadang2).. Ana tidak bisa menggunakaan pembalut yg berukuran mini.. Biasanya (30/35 cm) mngkin krna darah yg keluar dihari pertama- ketiga..
Dihari pertama ana mrasakan sakit(nyeri) pada bagian bawah perut.. Kemudian setelah sakit keluar darah yang menggumpal berwarna merah gelap.. (setelah it keluar sudah tdk terasa nyeri)
Ada sedikit rasa takut dengan darah yang menggumpal tsb.. Tapi ana mencoba untuk ttp berpikir positif kalo it adlah kelupasan dari sel ovum..
Kejadian ini sudah dimulai dari ana menjajaki usia remaja (2 smp) dan rasa sakit pd saat kls 2 smp lebih parah bahkan ana sering pingsan.. Kira2 ini apa penyebabnya? Dan bagaimana solusinya..? Apkah ana punya penyakit.. Dsb..?
Jazakallahu khair..
Trim’s wasalamu’alaikum..

wa’alaykumussalam, sebaiknya periksa ke dokter kandungan karena nyeri haidnya sudah tidak wajar, bisa jadi endometriosis atau mungkin karena kelainan yang lain

sya umur 21,,, sbelumnya haid saya lancar tp knp haid sya ckrg tdk lancar keluar sedikit dan berwarna coklat dan itu berlangsung smpai 3 hari knpa nya ?

Kebanyakan karena faktoe hormonal. Hindari stres dan capek berlebih.

Assalamualaikum..
Saya sudah sekitar 3 bulan ini belum pernah haid, dan tiba2 pada bulan ketiga keluar bercak darah berwarna kecokelatan. Saya pikir itu adalah darah haid, tapi bercak darah keluar hanya sesekali dan tidak banyak. Apakah yg terjadi pada saya?

Wa’alaikumussalam, sayang sekali Anda tidak menyebutkan berapa usianya dan apakah sudah menikah. Sebaiknya dilakukan observasi, jika tidak kunjung haid juga, segera periksa ke dokter

aslmlkm umm,sy nikh udh 13bln,pngn pny anak,3bln kurang haid saya udah 9x,trus klo stres suka kluar,prut bwh knan sy skt

sebaiknya cek ke dokter untuk mengetahui apakah ada infeksi atau kelainan yang menyebabkan perut bawah kanan sakit, apalagi frekuensi haid yang Anda alami juga sangat sering

Assalamu’alaikum..
Dok Saya berumur 24th..
Biasanya haid saya Lancar…
2hari pertama keLuar bercak cokLat Lalu kLuar darah…
biasanya saya haid selama 7-10hari…
Lalu bulan ini kok haid saya hanya keluar coklat2 saja tapi dalam jumlah banyak, seperti darah yang menggumpal…
knapa y Dok??
apa ada masalah??
mkasih infonya ummi ^^

Kemungkinan karena faktor hormonal saja, jika berulang sebaiknya cek ke dokter kandungan

ita
setelah saya nikah selalu haid saya 2 bln sekali. saya pergi k dokter trnyt tidak adanya penyakit ato apalah. namun menginjak usia pernikahan 8 bln saya telat 1 minggu dan keluar hanya kecoklatan tp cmn sdkt.
apa yg terjadi dengan saya

sebaiknya Anda melakukan tes kehamilan, karena bercak coklat bisa saja terjadi mengawali proses kehamilan.

Ass. Dokter yg terhormat..sy udh nikah 2,5 thn &blm dikarunia momongan. Setahun lalu sy divonis memiliki kista ovari kiri,siklus haid sy antra 28-32hr,prnh jg 26 hr,trmsk tdk teratur. Yang menjadi mslhnya adlh akhir-akhir ini menstruasi sy trjdi lg pada saat periode hr ke 11 sampe 3 hr kemudian stlh menstruasi mens. Menstruasi stlh mens ini hny brp flek kemerahan,dan jmlhnya sdkt Dok,stlh itu tdk muncul lg sampe priode siklus brktnya. Yang ingin sy tnykan dan mhn Dokter jlskan apa kista itu pnybabnya?mengingat flek itu muncul kalau tdk slh mestinya hítungan ms subur wanita normal..bagaimana cr mengatasinya dokter?mhn penjelasan Dokter..kurang lbhnya sy sampaikan bnyk trm kasih

haid tidak teratur memang bisa merupakan salah satu gejala kista, namun alangkah lebih baiknya jika Anda menjalani USG untuk memastikan. Tidak senua kista memerlukan pengobatan,ada yang bisa hilang sendiri, jadi tidak perlu terlalu khawatir

assalammualaikum.
saya berusia 21 tahun.Haid suka lama, suka lebih dari seminggu.Semakin lama semakin sedikit dan warna jadi coklat. Saya mengalami gangguan haid apa? saya suka bingung apakah d bolehkan untuk sholat dan puasa?sekarang juga haid sudah 13 hari dan saya bingung mending sholat dan puasa atau tidak?kan klo haid melakukan sholat dan puasa bisa2 dosa..

Tidak ada batasan mutlak mengenai lamanya haid. Jika memang kebiasaan Anda adalah lebih dari sepekan bahkan sampai 13 hari, maka itu tidak mengapa. Anda tetap tidak boleh shalat dan puasa selama masa hai tersebut.

saya berusia 20thn.. saya mengalami haid tidak normal, dulu saya haid 2 bln bahkan 3bln sekali, namun awal tahun ini mulai normal, tetapi mulai bulan juli saya mengalami haid lebih dari 1x, saya haid selama seminggu, setelah seminggu pasca haid saya haid lagi, begitu seterusnya sampai sekarang, ada gangguan apa ya kira2 dg saya?

Kemungkinannya masalah hormonal saja. Istirahat cukup dan jangan stres, jika kondisinya terus berulang, segera periksa ke dokter

assalamualaikum,,
z mau tax ummi,z s’lama 3 Bulan tidak haid s’lnjutx 3 bulan cuman kluar bercak malah s’bulan t’akhir ini 2x kluar bercak.z sdh nikah ummi sblm nikah blm prnah kayak itu.oia kalau haid belakang dan perut z skt.mohon pnjelasanx ummi,syukron jazakumullah

wa’alaikumussalam, sebaiknya diperiksakan ke dokter karena hal tersebut bisa mengganggu kesuburan. Jika permaslahannya hormonal saja (hasil USG dan lain-lain normal), maka biasanya dokter akan memberikan obat untuk melancarkan haid. Nyeri haid yang wajar kadang memang menjalar sampai belakang. Selama masih bisa beraktivitas normal dan tidak sampai pingsan, insyaAllah tidak mengapa.

asslmkm. Sy yuni usia 21thn. 5bln blakangan sy slalu haid mlbh normal, biasa 12-14 hr. Siklus haid pun tdk teratur. Skrg saya halangan sdh 14hr. Kmrn tgl 26 agusts sy brsuci. Trus tgl 27 subuh keluar darah lg, tp siang smpai sore hny cairan kecokltn kehtman, mlm sy brsiH. Bgt strusnya smpai skrg tgl 30agusts. Sy tetap menjalnkan shlat skrg. It knp y dok? Sy bgung dgn konds sy sndr. Mhn penjlsn ny y dok.

wa’alaikumussalam, coba diingat lagi, apakah 5 bulan terakhir ini Anda terlalu capek atau sedang stres. Jika bisa, kurangi aktivitas berat dan berusahalah untuk rileks. Jika masih belum teratur juga, periksa ke dokter kandungan

aslmlkm umm.. mbak saya mau nanya kenapa yah akhir” ini saya dateng bulan hanya sedikit,, trus 2 hari hanya klr wrna coklat saja udah itu tidak dateng lagi,,

wa’alaikumussalam, mungkin ichy sedang kecapekan atau banyak pikiran. Jika ya, coba untuk lebih rileks. Jika masih belum lancar juga, segera periksa ke dokter kandungan

assalamualaikum.dok.saya ty.bulan ini saya haid sdh lebih dr 7hr or 9hari blm berhenti.biasanya hanya 5-7hr.kmrn sempat berhenti tp keluar lg darah merah mens.apa penyebabnya.

bIasanya faktor hormonal saja dan ini dipengaruhi oleh capek dan stres

assalamu’alaikum,
umur saya 19 thn saya sudah mengalami haid dalam waktu kurang lebih 20 hari dalam jumlah sedikit dan berwarna coklat, sudah 2 tahun ini setiap bulan puasa pasti terjadi
apa penyebabnya dan minta solusi nya
Mohon bantuannya, thanks

Jika kejadiannya hanya saat bulan puasa, maka sebaiknya mengevaluasi zat gizi pada saat makan sahur dan berbuka. Usahakan mengonsummsi makanan yang bergizi lengkap dan seimbang dan jangan sampai kekurangan cairan

assalamualaikum.. saya umur 16 tahun terakhir menstruasi bln juli 2012 kemarin sampai september skr saya belum menstruasi kirakira karna apa? tolong balas saya mohon dok

Pada usia belia seperti Anda, hal tersebut biasa terjadi. Mungkin Anda sedang capek atau stres karena banyak hal yang dipikirkan (musim ujian, masalah pribadi, dll). Rileks dan istirahat cukup, insyaAllah nanti akan mendapatkan haid lagi

Assalamualaikum
dok ,saya seorang wanita yang berumur 17 th lancar haid tapi koq saya sudah tidak haid lg selama 2 bln lebih ini .. kenapa ya dok ?? wassalam mohon jawabannya

Mungkin Anda terlalu capek atau sedang stres. Istirahat dan rileks, insyaAllah haid akan datang lagi

assalamualaikum ,,
saya berumur 20 thun,,awal@ saya dapat haid tapi skarang udah 7 bulan saya gk dapat haid lagi,,dan saya blum prnah mnkah,,,
pert saya pun trasa gembung dan berat badan saya naik 4 kg,,awalnya brat badan sya 49..
knpa tu ya,,,

Karena sudah 7 bulan, sebaiknya diperiksakan ke dokter kandungan. Apalagi ada keluhan perut terasa gembung, maka saya sarankan untuk di USG

salam.. saya berusia 22 tahun, haid saya tidak teratur dan badan saya kurus sekitar 38kg. haid saya tidak teratur, beberapa bulan yg lalu saya satu bulan tidak dapat haid, lalu bulan berikutnya haid dan dua bulan seterusnya haid lagi. tapi untuk bulan ini, saya haid 2kali. tanggal 3 sept saya haid dan tgl 25 sept pula saya haid lagi, tapi saya tidak tahu apakah itu darah haid ato bukan karena berwarna coklat tidak merah, kepala saya pun pusing dan mual.. ap yg terjadi dgn sy?

Meskipun warnanya coklat, tidak menutup itu adalah darah haid, karena pada seorang wanita biasanya haid diawali dan diakhiri dengan bercak kecoklatan. Sebaik ke dokter untuk ditensi dan dicek kadar Hb nya, bisa jadi pusing dan mual disebabkan oleh masalah tensi atau mungkin juga karena anemia

Baru2 ini saya mengalami keluarnya lendir berwarna coklat agak kemerahan .
Hal itu terjadi sekitar seminggu setelah saya menstruasi .
Dan saya mengalami nya sudah hampir 7 hari .
Pertanda apa kah itu ?
Apakah berbahaya ?
Mohon dijawab,trmksh.

karena sifatnya seperti darah haid maka kemungkinan itu adalah haid yang terjadi lebih dari sekali dalam sebulan. Penyebab terbanyak karena hormon yang dipengaruhi oleh stres dan capek

Assalamu’alaikum warohmatullohi wabarokatuh
saya mau nanya, umur saya 18 tahun. pertama saya haid umur 16 tahun, itu pun hanya terjadi setahun sekali selanjutnya tidak. nah sekarang ini saya sudah hampir setahun lebih tidak haid.
kira-kira kenapa ya? mohon jawabannya yaa, saya sangat bingung dan takut
terima kasih atas perhatiannya

Sebaiknya sarah segera ke dokter karena itu sudah masuk kategori amenorea sekunder. Nanti dokter akan memeriksa dengan USG dan memberikan obat untuk merangsang haid

ummi,, mau tanya.
saya pertama haid umur 12,6 thn.dan waktu itu darah haidnya berwarna merah.
tapi sekarang umur say 15 jalan 16 warna darah haidnya agak kecoklatan,, dan siklusnya gk teratur..
itu kenapa ya,,??
minta balasannya ya ummi.

sifat darah haid tidak mutlak merah, bisa juga kecoklatan bahkan terkadang hitam. Siklus tidak teratur karena faktor hormon yang dipengaruhi oleh stres dan kecapekan

Assalamualaikum, saya mengalami flek sudah seminggu, padahal saya sudah menstruasi pada tgl 30sep – 6okt, kira ” saya kenapa ya? Umur saya 20th
Trimakasih

jika sifatnya seperti darah haid maka dihukumi darah haid meski keluar di luar kebiasaan. Biasanya faktor hormonal saja yang dipengaruhi oleh stres dan capek

Dok saya Suadh 2bulan terkahir ini haid lebih banyak dari seharusnya , 2x dalam sebulan dan darah haid banyak sekali sampai harus mengganti pembalut berkali-kali .
Cara penyembuhannya gimana ya

Saya sarankan untuk periksa ke dokter kandungan dan juga melakukan cek Hb. Seringkali orang yang anemia mengalami perdarahan lebih banyak dibanding yang tidak anemia.

assalamualaykum. dok, sya mau tnya. kok sya mengalami bercak2 setelah haid yg agak pjg ya?? pdhal sya baru selesai haid 10 hri yg lalu. kmudian ad bercak2 yg lamanya juga krg lebih seminggu.
ini kali kedua sya mengalaminya dok. sblumnya yaitu saat bulan agustus yg lalu. sya bingung dok, apa yg sdg salah d bdn sya?? mhon penjelasaanya ya dok. terimakasih :)

jika sifatnya seperti darah haid maka dihukumi darah haid meski keluar di luar kebiasaan. Biasanya faktor hormonal saja yang dipengaruhi oleh stres dan capek. Sebaiknya banyak istirahat dan rileks

assalamu’alaikum dok,,,izin bertanya
saya Rita umur 19 tahun,
3 bulan terakhir ini saya mengalami haid 2x dalam sebulan
apakh hal ini dapat membahayakan atau tidak ?
terimakasih
wassalam…

Jika itu datang teratur dan tidak menimbulkan keluhan insyaAllah tidak mengapa, karena memang ada orang2 tertentu yang memiliki siklus haid yang lebih pendk sehingga kesannya haidnya 2x dalam sebulan

Assalamu’alaikum dok,
ane izin copas yah.
syukron wa jazakillah khoiro. ^_^

nice info :)
saya juga suka ngga teratur kalau lagi haid -_-
trs juga sering sakit perut

assalamualaikum, saya mau nanya nih, saya sudah haid sekitar 1 minggu yang lalu,, terus, tiba2 perut saya mules, dan g sengaja pas waktu lagi main2 sama si kecil tertekan badan dia, langsung keluar darah. yang saya mau tanyakan, apa itu darah mens atau apa ya.. kok darahnya g berhenti-berhenti.. biasanya kalau di rumah sakit , pemeriksaan seperti ini termasuk pemeriksaan apa ya.. makasih, ukhti

Sebaiknya dipastikan ke dokter kandungan. tapi kemungkinan darah haid saja. Perkiraan saya, tenaga seorang anak itu kecil kemungkinannya sampai bisa menimbulkan trauma dan perdarahan

Assalamualaikum. saya mau tanya
saya umur 19 tahun, haid saya sering tidak lancarnya,terkadang 2 bulan skali kadang 6 minggu skali tapi kadang sbulan skali dok.. nah saya skarang saya ditambah bingung dengan terjadinya flek coklat slama sminggu ini tanda ada nya haid,padahal saya sudah 6 minggu tidak haid,, apa penyebabnya ya dok.. apa itu parah??

Haid tidak teratur pada usai remaja adalah hal biasa, insyaAllah bukan hal yang perlu dikhawatirkan. Penyebab terbanyak karena faktor hormonal yang belum stabil

salam…saya nak tanya ye…kenapa darah haid saya keluar hanya hari pertama dan hr kedua sahaja.hari ketiga sudah bersih…adakah saya mengalami masalah untuk mendapatkan anak setelah berkahwin nanti…kerana saya bakal berkahwin tak lama lagi…mohon jawapan…terima ksih atas perhatian…

Jika memang sudah kebiasaan haidnya cuma 3 hari maka itu tidak mengapa. Kesuburan tidak hanya ditentukan dari lamanya haid

Assalamualaikum WW dok, sy berusia 49 thn lbh kurang 6bln yg lalu haid sy setiap bulannya banyak dan mengeluarkan darah beku dgn lama haid 7 hari sampai akhirnya saya anemia dan dirawat. kmd dokter SpOG membrikan injeksi KB Progestin agar tidak haid.dan Sypun tidak mendapat haid selama 1siklus.Bulan ke dua haid sy datang lagi dokter memberi sy resep Lutenil selama 20 hr tp haid sy keluar terus dan dokter mengganti resep lg dng Provera tp haid sy makin banyak lalu sy hentikan sj minum obatnya. sampai saat ini haid sy sudah berlangsung 36 hari. Sy sdh Pap smear hslnya tdk ada kelainan.Apakah penyebab gangguan haid ini dok, bgmn pengobatannya? apakah sy boleh shalat dan berhubungan suami istri ? trims dok

Sayang sekali Anda tidak menyebutkan berapa kadar Hb terakhir. Sebaiknya cek Hb untk memastikan apa masih anemia. Perdarahan bisa terjadi pada wanita yang anemia, oleh karena itu harus diatasi baik dengan suplemen zat besi maupun tranfusi (jika anemia berat)

assalamualaikum WRB. saya masih duduk dikelas 1 SMA. akhir-akhir ini saya terganggu dengan jumlah darah haid saya yang berlebih dan juga sudah lebih dari 7 hari. setiap saya periksa pasti ada saja gumpalan-gumpalan darah yang jumlah nya banyak. atau apakah ini hanya ketakutan saya yang berlebih dan sudah umum dialami anak remaja? mohon bantuannya.

InsyaAllah masih wajar. Tapi jika sampai harus ganti pembalut tiap jam maka ini sudah berlebihan

asslmkm umm…
Sya mw tnya,
Kmrin sya bru slsai haid normal slma 7 hri,setelah 5 hr selesai haid kluar bercak darah berwarna merah segar setelah itt ga klwar lagi,sebelum.a tdak pernak ky gtu…sya blm menikah.
Ittuh kenapa ya??
Mksih…

Ass,ummi saya mau tanya,saya brusia 39 th,menikah,anak 2,bbrp bulang trakhir siklus mens saya pendek,skitar 19 atw20 hr,cenderung mens 2 kali sbulan,masa pra haid jg lama,flek2 coklat 3 hr,br hr k 4atw 5 kluar darah skitar satu atw 2 hari, stelah itu flek2 coklat lg sampai hr k 7 atw 8,dan bulan kmrn saya sudah bersih 2 hari tiba2 kluar darah segar lagi satu kali, sy bingung ummi apakah ini normal, sy cek k dokter d usg katanya rahim sy bersih hanya gangguan hormonal, brbahayakah gangguan hormon itu ummi,trizmakasih

Wa’alaikumussalam, insya Allah tidak berbahaya dan akan kembali normal ketika kondisi fisik dan psikis Anda juga normal (tidak terlalu capek dan tidak sedang stres).

Kemungkinan itu darah haid karena sifatnya seperti darah haid. Mungkin karena capek atau stres saja

salam. . .
sy yani rita.
sy ingn brtny,jika haid tdk dtg smpai 4 bln,tp sll mengluarkn lndr yg spt kpthn brlbhn,apakh krn ad penykt?
mhn bntuanny. trimsksh

Sebaiknya memeriksakan diri ke dokter spesialis kandungan karena sudah masuk kategori amenorea sekunder. Keputihan yang berlebihan tentu saja bukan hal yang normal, apalagi jika disertai dengan bau, gatal, dan lain-lain. Untuk memastikan, bisa dilakukan pemeriksaan laboratorium terhadap cairan keputihan tersebut sehingga bisa diberikan obat yang sesuai dengan penyebabnya (bakteri atau jamur)

assalamualaikum
kalau misalnya haid lebih dari 15 hari bagaimana ya?
dan haid nya jg masih baru..

Tiap wanita berbeda-beda mengenai lama dan banyaknya darah haid. Haid anda yang berlangsung selama 15 hari itu merupakan hal yang wajar pada awal-awal mendapatkan haid, karena pengaruh hormon yang belum stabil. Seiring berjalannya waktu, biasanya lamanya haid akan menjadi normal dan teratur.

ass…
baru pertama saya mengalami siklus haid yg berkepanjangan. saya haid tgl 19 feb – 26 feb. tgl 27 saya berhenti total, tapi tgl 28 malem saya haid lg. tgl 29 hanya plek. tetapi tgl 2 maret saya haid hebat, sampai saya stiap 2 jam sekali ganti pembalut, udah gtu keluar darah seperti ati. sampai sekarang saya belum selesai dan haidnya masih mengeluarkan darah yg banyak.
sebelumnya saya tdk seperti ini, setelah saya kerja ditempat baru saya jd haid terus menerus. udah gtu saya ganti suntik 1 bulan yg 25 cyclo, biasa nya yg 20 cyclo.
solusinya bagamana yah dok? saya makin pusing nih. darah ga ada habisnya. badan saya jd pd pegel-pegel.

wa’alaikumussalam, kemungkinan ada pengaruh dari KB suntik yang sedang Anda jalani. Sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter kandungan untuk meninjau kembali penggunaan KB jenis suntik tersebut. Saya sarankan untuk mengonsumsi suplemen zat besi supaya Anda tidak mengalami anemia akibat banyaknya darah haid yang keluar.

assalamualaikum… saya mau tanya kenapa ya waktu haid ketika saya pake pembalut darah haidnya lebih sedikit dibandingkan ketika saya tidak memakai pembalut, kenapa ya ?
terimakasiih
wassalamm

Wa’alaikumussalam, sebenarnya tidak ada penjelasan ilmiah mengenai jumlah darah haid yang menurut Anda lebih banyak ketika tidak memakai pembalut. Sebenarnya, penilaian seperti itu bersifat subyektif karena pengamatan yang terbatas (Anda tidak benar-benar mengukur volume darahnya). Hal ini juga kemungkinana karena darah terserap oleh bahan pembalut sehingga seolah-olah hanya sedikit.

assalamu alaikum wr..wb..
izin tanya,umur 25 thun kb iud.udh 3 bln ini saya pendarahan trus tapi sedikit2…kalau tgl 7 smapi 15 hari berikut nya agak banyak darah nya wrna nya hitam tpi kadang2 wrna nya coklat..hri berikut nya keluar lgi tpi sedikit2 biasa nya ngak pernah kyk gini.udh pake iud 3.5 thun aman 2 aja..sebenarnya itu penyebabnya apa yah? udh periksa puskesmas kt nya bs karena hormon dan stres trus dikasi obat tp g berhenti jg..mohon bantuan nya..makasih

Silahkan periksa ke dokter kandungan untuk mengecek kondisi IUD yang terpasang, apalagi sudah 3,5 tahun. Salah satu efek samping IUD adalah perdarahan yang berkepanjangan

Asalamualaikum :)
saya berusia 21th (blm menikah)
Saat ini Saya mengalami keluarnya darah diluar masa haid, sebelumnya saya sudah ke dokter kandungan dan hasil usg nya normal, dokter memberikan obat norelut, 2 bulan setelah ke dokter sy tdk mengalami keluar bercak lagi, tapi baru2 ini keluar bercak darah lg setelah 10 hari setelah haid, berbahaya kah ? Apakah berpengaruh pd kesuburan?
Terimakasiih :)

InsyaAllah tidak berbahaya. Haid yang tidak teratur memang berpengaruh pada kesuburan karena kesulitan menetukan masa subur bagi pasangan yang ingin mendapatkan anak. Di usia Anda yang masih muda, usahakan untuk senantiasa menerapkan pola hidup sehat, cukup istirahat, dan bebas stres supaya tidak muncul gangguan pada siklus haid.

assalamualaiku, dok saya ingin bertanya. usia saya menjelang 19 tahun, bulan lalu saya memang agak sibuk wakt haid jd agak sedikit yg keluar tp waktunya tetap sama 1minggu. nah bulan ini saya haid hanya berupa flek” dan cairan berwarna cokelat tp sudah 2minggu blm selesai 3hari terakhir berupa flek hitam yg bercampur keputihan apa itu tidak apa apa? terimakasih

Wa’alaikumussalam, melihat usia rani yang masih 19 tahun, hal tersebut biasa terjadi karena faktor hormonal remaja yang masih belum stabil. InsyaAllah tidak berbahaya, namun ada baiknya mengurangi aktivitas berat dan menyeimbangkannya dengan istirahat cukup.

assalamualaikum ,
semoga dokter selalu berada dalam lindungan Alloh amiin.saya ingin bertanya akhir akhir ini darah haid saya sebentar berhenti sebentar keluar kadang sedikit kadang banyak dengan durasi yg sebentar sebentar sebelumnya saya menyidap penebalan penebalan dinding rahim tetapi alhamdulillah sdh normal kembali dan akhir akhir ini saya juga melakukan diet sebaiknya apa yang saya lakukan jazaakillah khoiron

wa’alaykumussalam, saran saya, jangan melakukan diet berlebihan. Ukhty bisa berkonsultasi dengan ahli gizi, biasanya akan dibuatkan jadwal dan komponen makanan yang sesuai dengan kesibukan ukhty. Diet yang ekstrim akan berpengaruh pada kebiasaan haid, bahkan bisa menyebabakan amenorea sekunder

assalamu’alaikum dok. saya mau menanyakan saya berumur 31 th dan sudah menikah 4 thn dan belum dikarunia anak. saya sudah 2 kali ke dokter dan hasil baik serta suami jg baik cm permasalahannya saya badannya gemuk dan saran dokter harus dikurusin, tp haid saya tidak pernah teratur kadang 3 bln sekali dan sejkarang saya dapat haid sudah 20 hari tp belum selesai dan kalo ada cm flek , banyak terus ada lagi. apa penyebanya ya dok….karena dulu pernah dan katanya penenbalan dinding rahim. apakah benar atau ada yg laen dok. terima kasih.

Wa’alaikumussalam, sayang sekali Anda tidak menjelaskan pemeriksaan apa saja yang sudah dilakukan. Jika memang sudah dialkukan analisa sperma suami kemudian Anda sudah menjalani hasil USG dan lain-lain dan dinyatakan normal, maka berarti memang tidak ada masalah. Hanya saja, datangnya haid yang tidak teratur akan mengganggu ketika sedang program hamil (penentuan masa subur). Untuk itu, saya sarankan konsultasi pada dokter kandungan untuk mendapatkan obat untuk melancarkan haid.

assalamualaikum dok.. Saya berusia 18 thn. Sudh 2 hari mengalami pendarahan diluar siklus mens. Dan banyak. Saat buang air kecil darah yg ikut keluar pun banyak dan berwarna merah muda. Saya takut ini berlangsung lama dok. Apakah ini diakibatkan adanya suatu penyakit? Saya takut ini kanker. Dan sebaiknya saya harus melalui dokter umum dulu atau langsung ke spog? Jazakumullah

Assalamu’alaikum dokter,. saya berusia 27th dan belum menikah,. 2bln yang lalu saya perna periksa ke dokter kandungan karna waktu haid mengalami sakit di perut bagian bawah (saat mau buang air besar maupun kecil ) padahal sbelumnya tidak pernah sakit,. stelah di periksa dgn USG katanya smuanya normal ( tidak ada gangguan )
tapi sekarang ini masa haid saya jadi lebih pendek, yang biasanya 10 hri menjadi 2 hari saja,.dan darah yang keluar hanya sedikit,.
apakah ini tanda-tanda suatu penyakit dok?

wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh… Saya sarankan ukhty mutia untuk melakukan observasi/ pengamatan terlebih dahulu terhadap lamanya haid dan rasa sakit yang dirasakan. Jika baru 1kali terjadi masa haid yang memendek maka belum bisa dijadikan patokan. Bisa jadi karena stres yang anda alami setelah mengalami rasa sakit tersebutlah yang ikut menyebabkan terjadinya gangguan pada lamanya haid. Jika hal tersebut menetap dan disertai dengan rasa sakit seperti sebelumnya, maka segera temui kembali dokter kandungan anda.

Assalamualaikum dokter,
saya punya keluhan dok umur saya 21tahun,bulan ini saya mens dua kali,yang pertama tgl 2 lalu selesai tanggal 7.setelah itu tanggal 13 ada bercak darah sampai hari ini masih ada,apakah itu normal?karena biasanya saya mens 6 hari dan tidak mens lagi setelahnya.tetapi beberapa bulan lalu saya juga mens dua kali dan dikarenakan saya akan ujian semester dan bulan ini sama,apakah mens ini juga tergantung tingkatan stress yang saya alami?terimakasih.Wassalamualaikum.

wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh…ya, tingkat stres sangat berpengaruh terhadap haid. Mudah-mudahan setelah ujian semester selesai maka siklus haid ukhty ayu bisa kembali normal.

Assalamualaikum dok,

Saya mau menanyakan, Alhamdulillah sampai saat ini haid saya selalu teratur, sebelum haid seperti biasa ada keputihan dan flek berwarna coklat,.
yang mau saya tanyakan apakah flek coklat itu termasuk keputihan atau haid? lalu hukumnya bagaimana apakah saat flek coklat itu keluar masih diperbolehkan shalat?
Terimakasih sebelumnya atas jawabannya. Wassalamualaikum

wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh… Flek coklat sudah terhitung haid sehingga tidak diperkenankan sholat.

Assalamualaikum warohmatullahi wabarakatuh,
Saya baru melahirkan 2 bulan yang lalu, sekarang saya mengalami flek yg tidak ada setiap hari, tapi pernah 1 hari bukan flek (darah seperti haid agak banyak) tapi besoknya ga ada flek sama sekali dan besoknya lagi kembali muncul flek.Berhubung saya tidak tahu waktu haid saya setelah melahirkan saya jadi bingung apakah ini haid atau bukan?karena berkaitan dengan masalah shalat. Terimakasih. Wassalamualaikum

Jika sifatnya seperti darah haid maka dihukumi darah haid sehingga terlarang bagi Anda untuk mengerjakan sholat ketika mendapati darah tersebut. Jika sudah bersih bisa bersuci kemudian shalat. Jika kemudian keluar lagi dan sifatnya memang darah haid, maka terhitung haid juga meski sebelumnya sudah mendapatkan haid. Karena pada wanita yang baru saja selesai nifas biasanya memang haidnya jadi tidak teratur, namun lama kelaman insyaalah akan kembali normal.

assalamualaikum
saya berumur 14 tahun, saya pertama kali haid pada bulan september 2013 dan sudah tidak haid lagi.saya kembali haid pada tanggal 1-13 januari 2014. dari tanggal 3 ferbaruari,selalu keluar lendir coklat lumayan banyak tanpa ada darah sedikitpun. apakah itu keputihan? atau ituhaid? dan apakah normal?
terimakasih dok;)

Bismillah.afwan mw tanya ana seorg ibu menyusui setelah nifas 18 bulan baru dpt haid, tpi haidx g’ normal, trjadi 2 kali dlm sbulan dan skrang dpt lg dan sdh lbh dr 15 hari, itu kenapa y? Syukran…

Asslamu’alaikum Dok.. usia sy 21 tahun… sy dah 3 bln haidnya memanjang dok… stl 7 hari ngeflek trus dan kmrn sy dah periksa ke dok. kandungan dan ktny faktornya kelelahan dan pikiran… dan sy dikasih obat Norelut sbnyk 20 kapsul diminum 2x Sehari… dan ktny setelah habis obat akan keluar darah, nah yg sy tnykan darah yg keluar itu darah apa dok? apkh haid? dan biasanya keluarnya darah selang brpa hari stlh obat habis dok?
terimakasih… mohon penjelasannya ya dok…
Wassalamu’alaikum

umii. saya berusia 22 thun.. dari pertama haid saya memang memiliki siklus yang ga teratur.. kadang telat 2 minggu, 1 minggu, bahkan 1 bulan..
nah, saat ini saya sering merasakan kram di perut kanan bawah.. keluar flek aga kehitaman, kadang kalau pagi keluar darah kental tpi tak berbau seperti darah..
periksa ke dokter kandungan, katanya ga papa, wajar tunggu sampai akhir bulan. saya juga sempat di usg. tapi sudah seminggu ini fleknya ga berenti.. mau solat juga aga bingung umm.. mhn solusinya ya ummi . jazakillah :)

assalamualaikum,dok..
saya ana,siswi klas 12 smk umur saya 16 th.
gini nih dok,knapa ya bberapa bulan trakhir ini haid saya mengalami kemunduran?
apakah ada faktor yg mnyebabkan tanggal haid berubah” dan apakahh penyakit magh juga berpengaruh dengan perubahan ini?
trimakasih :)

Saya 3blan yang lalu kuret, .2bln yg lalu menstruasi saya lancar, .tapi sekarang baru 1minggu sesudah haid,saya haid lg..cuma jumlahnya lbh sedikit. .kenapa y dok. . ?

Asslmu’alaikum..
Umur saia 18 thun. Sya mengalami flek hampir 3minggu.. It gmana y buk? Ap tdk bhaya.. Dan apa itu bsa dikatan haid. Saya bingung apakah d bolehkan shalat atau tdk ya bu..? Jika haid, mnrut yg saya tau, bkannya pling lama 15 hari ya bu.. Syukron.

.asalamualaikum…
.Umi saya mau tanya
.sya punya temen cewe..
.dia haid biasanya 2x dlam 1 bulan.
.tapi bulan ini dia hanya 1x…
.apa ada masalah atw enggk umi
.tolong masukannya mi

Assalam’mualaikum saya zizka umur saya 13 thn kena setelah 2 bln lebih saya tidak menstruasi lagi , das saya sering mengeluarkan flek putih ,tolong penjelasannya. Terimakasih

malam dok, nma saya lini umur 21 th mau tanya? sebelumnya saya haid teratur dengan siklus 31 hari sampai bulan februari 2014 ini tapi kenapa di bulan maret 2014 ini saya hanya mengeluarkan darah seperti liur dan hanya sesekali terus bersih lagi dan itu keluarnya lebih dari siklus 31 hari? yang mau saya tanyakan normal atau tidak haid yang saya alami ini dok, mohon informasinya

assalamualaikum dok,,
saya berumur 23 tahun,, dalam 2 bulan ini saya belum haid pada tgl 24 bulan maret 2014 sya haid itu berwarna coklat dok bukan berwarna darah,, terus biasanya saya haid tdk teratur kadang 2 bulan atau 1 bulan lebih,, itu kenapa ych dok apa ada dampak negaif yach
Terimakasih sebelumnya atas jawabannya. Wassalamualaikum

Assalamualaikum dok saya mau tny, saya pda umur hmpir 17thn blum sama skali mndapat haid, oleh sbab itu saya priksa ke dokter dan di usg kata dkter rahim saya kcil, lalu saya diberi obat 2 mcam yg 1 ga tw nama obatnya apa klo yg 1 lg nmanya primolut , jika saya haid dsruh dtg brobat lg, nah skitar 18 hri stelah mnum obat saya lngsung haid dok mlem2 n byk bnget kya org pndrahan hri2 brikutnya haid hnya sdikit smpe 1 minggu saya suci. dan stelah itu saya tdak prnah haid2 lg wktu skitar 5 blan kmudian priksa ke dkter trnyata dkternya sdah bda org n saya diksih obat norelut dan tdak ada efek apa2 cm brupa kputihan sja. skita bberapa bln kmudian saya inisiatif membeli obat primolut tp efeknya hnya drah sdikit udah gitu kputihan lg. akhirnya 5 bln kmudian saya ke dkter dan dkternya msih dkter yg kedua n saya dksih norelut lg n hanya kputihan sja, sya kdang2 mmang suka kputihan sih dok mskipun ga mnum obat tp ga prnah haid. n skrg ini umur saya sdah 19thn lbih n dr tgl 24 kmaren saya tiba2 haid dok tp kok haid saya brupa gmplan n mlai hr keempat udah jrang2 n sdikit skali kluar haidnya. yg saya tkutkan stelah haid ini saya ga haid2 lg dok

assalamualaikum. saya riska, saya ingin bertanya, haid saya kenapa terlambat ya, bulan januari saya haid tanggal 24, bulan februari saya haid tanggal 27, tapi pada tanggal 2 februari sebelumnya saya pernah berhubungan tapi dikeluarkan diluar, lalu kenapa tanggal 27 saya haid, untuk kemungkinan hamil rendah kan? tapi dibulan ini sampai sekarang saya belum haid ya, tapi saya merasakan ciri2 haid, bukan ciri2 hamil, tolong jawab pertanyaan saya ya, terimakasih sebelumnya

assalamualaikum. saya riska, saya ingin bertanya, haid saya kenapa terlambat ya, bulan januari saya haid tanggal 24, bulan februari saya haid tanggal 27, tapi pada tanggal 2 februari sebelumnya saya pernah berhubungan tapi dikeluarkan diluar, lalu kenapa tanggal 27 saya haid,seharusnya kalau saya hamil tidakmungkin haid kan dok? tapi dibulan maret ini sampai sekarang saya belum haid ya, tapi saya merasakan ciri2 haid, bukan ciri2 hamil, saya tidak hamil ya dok? tolong jawab pertanyaan saya ya dok, terimakasih sebelumnya

aslmkum, saya mau menanyakan ini referensinya dari buku apa ya? terimakasih

ass…mau tanya,
sya wanita usia 22th pnya 1 ank (3th). 3th belakangan sy KB suntik 3blnan slma KB sy jrg mndpat mens pling hnya flek kcoklatan lalu 5bln ni sya brhenti kb. kok mens siklus prtama pndek hnya 3hr lalu brsih trus yg kdua ni smpe 15 hri stlah 5hri brsih ko kluar darah lagi. apa tdk apa2?

assalamualaikum ukhti..
saya mau bertanya. usia saya 23tahun. haid saya 2-3kali tiap bulannya apakah normal? sya bingung menentukan waktu shalat karena lebih banyak waktu haidnya dari waktu sucinya. sudah 6bulan saya mengalami haid yang relatif cukup sering ini. 4bulan yang lalu saya pernah ke dokter kandungan di usg kata dokternya masalah hormon kecapean dan stress tapi sampai sekarang masih belum normal juga. mohon solusinya dok. terimakasih.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Bedah Buku

Panduan Kesehatan Wanita
Flower_book

Wahai para ibu, berikanlah hak asASI bayimu!! 0 s.d 6 bln = ASI Eksklusif, setelah itu ASI + MPASI hingga 2 tahun

Ikon ASI

Daftar Artikel

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 87 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: