Muslimah dan Kesehatan

Selai kacang home made 

Posted on: 17/02/2017

Pilihan “bikin sendiri aja deh”, entah itu camilan atau masakan tertentu selalu pake pertimbangan “ribet gak sih?”. Jadi ga semata2 karena lebih irit. Kalau lebih irit tapi ribetnya pake banget ya ga bakal dikerjakan lagi. Kalau nyoba sih sekali-sekali gpp, karena kadang penasaran pengen bisa bikin. 

Berhubung aku suka selai kacang dan untuk merk tertentu itu harganya lumayan mahal, jadi tergoda untuk bikin sendiri. Ditambah lagi seleraku ternyata “menular” ke anak-anak, jadi selai kacangnya makin cepat habis. Akhirnya cari resep selai kacang home made dan dimodif sendiri. 

Bahan :

  • Kacang kupas 400 gram,  goreng sampai kecoklatan
  • Gula pasir 7 sendok makan
  • Minyak zaitun extra Virgin 3 sendok makan (bisa diganti minyak goreng biasa) 

Cara membuat :

Blender semuanya. Aku pake blender yang biasa buat ngejus, bukan yang buat bumbu. Karena ga pake air jadi harus sabar ngaduk-aduk sesekali karena suka macet. 

Kalau suka tekstur “creamy” diblendernya agak dilamain. Kalau suka tekstur “crunchy” ya gak usah terlalu halus. 

Estimasi biaya :

Kacang kupas 400gram : 13ribu

Gula pasir n Minyak : 2ribu

Total : 15ribu

Ini hasilnya :

Bisa jadi dua wadah selai (ukuran 340 dan 170 gram)  yang harganya 50ribu sama 25ribu (berarti total 75ribu).

Berhubung bikinnya gampang banget, jauh lebih hemat (selisih 60ribu), dan rasanya mirip sama yang asli/bikinan pabrik, kayaknya pengen bikin lagi kalau udah habis insyaallah.

Bisa dioles ke roti tawar ditambah irisan pisang… Yummy 

Selamat mencoba.. 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buku Karyaku yang Pertama

Panduan Kesehatan Wanita
Flower_book

Wahai para ibu, berikanlah hak asASI bayimu!! 0 s.d 6 bln = ASI Eksklusif, setelah itu ASI + MPASI hingga 2 tahun

Ikon ASI

Daftar Artikel

RSS Muslimah.or.id

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
%d blogger menyukai ini: