Muslimah dan Kesehatan

Archive for Agustus 2017

Perpaduan burjo dan roti tawar yang yummy banget.. Enak dimakan pas sarapan atau sekedar buat makanan selingan. Cara bikinnya juga gampang banget, simak yuk.. 

Bahan

  • Seperempat kg kacang hijau, cuci lalu rendam dalam air semalaman
  • 150 gram gula aren atau gula jawa 
  • 4 sendok makan gula pasir 
  • 2 liter air
  • Santan dari setengah butir kelapa
  • 3 helai daun pandan
  • Garam secukupnya 
  • Satu ruas jari jahe, geprek

Cara membuat :

  • Rebus kacang hijau, pandan, dan jahe
  • Masukkan gula jawa, gula pasir, dan garam
  • Masukkan santan, aduk-aduk sampai mendidih. 
  • Sajikan hangat dengan roti tawar dan susu kental manis coklat

Hmmm… Yummy.. 

Hati-hati ..

Gorengan yang satu ini bener-bener bikin ketagihan .. 

Langsung aja.. 

Bahan :

  • Kulit lumpia
  • 1 buah tahu putih besar, haluskan
  • Udang seperempat kilogram, ambil dagingnya saja
  • Daun bawang secukupnya, iris halus
  • 1 buah wortel, parut atau iris kecil-kecil
  • 2 butir telur ayam, kocok

Bumbu halus

  • 5 butir bawang, haluskan
  • Merica bubuk secukupnya
  • Garam dan gula secukupnya 

Cara memasak :

  • Campur semua bahan dan bumbu jadi satu lalu tumis sebentar dengan margarin. 
  • Setelah bahan isian dingin, isi kulit lumpia dengan bahan isian secukupnya, lalu gulung. 
  • Goreng hingga kuning keemasan 
  • Hidangkan dengan cabe rawit 
  • Tips : Rekatkan gulungan lumpia dengan larutan air+maizena supaya tidak pecah berantakan ketika di goreng. 

Selamat mencoba.. 

Lebaran kemaren aku sama anak-anak bikin amplop lebaran sendiri. Cara bikinnya mudah, mengandalkan dari amplop yg dijual di toko. Jadi bongkar dulu amplop lebaran yang sudah kita beli, trus jiplak di kertas kado. Gunting lalu rekatkan sesuai pola. Jadi deeeeh.. 

Selain bermanfaat dan lebih hemat, kegiatan bikin amplop lebaran sendiri ini bisa mengisi waktu luang anak-anak selama puasa atau liburan. 

Selamat mencoba.. 

Camilan sejak zaman dahoeloe kala.. Rasanya gurih, kental, dan manis. Ga tau kenapa dikasih nama “ande-ande lumut”. Ini nama yg aku tahu sejak kecil, ga tau deh kalo versi daerah lain, mungkin beda lagi namanya. 

Simak resepnya yuuuk :

Bahan

  • 1 kilogram singkong, kupas lalu potong kotak kecil-kecil, rendam air untuk menghilangkan getah dan tanah yang masih nempel. 
  • Santan secukupnya (bisa dari setengah butir kelapa, bisa juga 2 bungkus kara santan ukuran kecil) 
  • Gula pasir 3 sendok makan
  • Garam secukupnya 
  • Air secukupnya 
  • Daun pandan
  • Tepung tapioka 1 sendok makan, larutkan dalam setengah gelas air (boleh diskip klo ga suka terlalu kental) 

Cara memasak :

  • Rebus singkong  sampai empuk
  • Masukkan garam, gula, daun pandan
  • Masukkan santan
  • Masukkan larutan tepung tapioka 
  • Koreksi rasa dan siap dihidangkan 

Ketika kita tertimpa musibah atau masalah, seringkali kita dihibur oleh orang lain dengan kata-kata “yang sabar ya”. Mungkin ada di antara kita yang berpikir kenapa sih nasihatnya harus sabar? Apa tidak ada solusi lain? 

Bagi seorang muslim.. 

Sabar itu bukti tingginya keimanan dan tawakal 

Sabar itu akan meninggikan derajat

Sabar itu akan diberikan ganjaran (pahala) tanpa batas

Dan.. 

Sabar itu SOLUSI 


Buku Karyaku yang Pertama

Panduan Kesehatan Wanita
Flower_book

Wahai para ibu, berikanlah hak asASI bayimu!! 0 s.d 6 bln = ASI Eksklusif, setelah itu ASI + MPASI hingga 2 tahun

Ikon ASI

Daftar Artikel