Muslimah dan Kesehatan

Archive for Agustus 2017

Buat kamu yang pernah mainan pake ampas parutan kelapa, berarti kamu punya masa kecil yang bahagia, he.. 

Pas masih anak-anak, sering banget mainan  pake ampas parutan kelapa yang udah diambil santannya. Ditambah pewarna makanan jadinya lebih mantap. Cara bikinnya gampang banget sih, cuma dicampur pewarna makanan aja. 

Kayak gini nih :



Iklan

Selama di Bogor, sering banget nemuin menu orek tempe. Kayak menu wajib untuk sarapan gitu, soalnya kan biasa dipake buat pelengkap nasi uduk sama nasi kuning. Kalo biasanya aku nemuin yang serupa di Solo namanya “kering tempe”. Tekstur kering tempe sesuai dengan namanya memang lebih kering dan biasanya pedas. Kalo orek tempe ala Jawa Barat ini lebih manis, tidak terlalu kering, biasanya tidak terlalu pedas, dan tidak tahan lama. Kalo kering tempe kan awet ya, bisa sampe semingguan kali ya. 

Nah, kali ini aku mau share resep orek tempe yang praktis banget, bahkan anakku yang kelas 4 SD udah bisa bikin sendiri. Mulai dari motong, nggoreng, numis, ngaduk-ngaduk ampe mateng dikerjain sendiri sama anakku. Ini resepnya :

Bahan :

  • 1 papan tempe, iris kecil-kecil, lalu goreng setengah matang, sisihkan
  • 5 butir bawang putih, iris-iris
  • Laos dan salam
  • Kecap manis
  • Gula dan garam secukupnya

Cara memasak :

  • Tumis bawang putih, salam, dan laos. 
  • Masukkan tempe yang sudah diiris tipis dan digoreng 
  • Tambahkan kecap, aduk-aduk
  • Masukkan air secukupnya, tunggu hingga air menyusut
  • Siap dihidangkan


Bakmi yang citarasanya Jawa banget.

Langsung ajah.. 

Bahan :

  • Mie kering (mie telor) secukupnya, rebus dan sisihkan
  • Wortel, iris tipis
  • Kubis dan atau sawi
  • Daun bawang, potong-potong 
  • Daun seledri 
  • Suwiran ayam
  • 3 butir telur
  • Kecap 
  • Gula dan garam secukupnya 

Bumbu halus :

  • Bawang putih 
  • Merica
  • 5 butir kemiri, sangrai dulu

Cara memasak :

  • Tumis bumbu halus hingga harum
  • Masukkan sayuran, telur,  dan suwiran ayam
  • Masukkan mie yang sudah direbus
  • Tambahkan kecap, gula, dan garam
  • Aduk-aduk hingga matang
  • Siap disajikan dengan taburan bawang goreng 

Tips :

  • Kalau mau bakmi yang “nyemek”, rebus mie lebih lama supaya lembek. 
  • Jumlah kecap bisa disesuaikan selera. Kadang ada yang lebih suka mienya tidak terlalu coklat dan tidak terlalu manis. 

    Ini foto bahan-bahannya :

    Perpaduan burjo dan roti tawar yang yummy banget.. Enak dimakan pas sarapan atau sekedar buat makanan selingan. Cara bikinnya juga gampang banget, simak yuk.. 

    Bahan

    • Seperempat kg kacang hijau, cuci lalu rendam dalam air semalaman
    • 150 gram gula aren atau gula jawa 
    • 4 sendok makan gula pasir 
    • 2 liter air
    • Santan dari setengah butir kelapa
    • 3 helai daun pandan
    • Garam secukupnya 
    • Satu ruas jari jahe, geprek

    Cara membuat :

    • Rebus kacang hijau, pandan, dan jahe
    • Masukkan gula jawa, gula pasir, dan garam
    • Masukkan santan, aduk-aduk sampai mendidih. 
    • Sajikan hangat dengan roti tawar dan susu kental manis coklat

    Hmmm… Yummy.. 

    Hati-hati ..

    Gorengan yang satu ini bener-bener bikin ketagihan .. 

    Langsung aja.. 

    Bahan :

    • Kulit lumpia
    • 1 buah tahu putih besar, haluskan
    • Udang seperempat kilogram, ambil dagingnya saja
    • Daun bawang secukupnya, iris halus
    • 1 buah wortel, parut atau iris kecil-kecil
    • 2 butir telur ayam, kocok

    Bumbu halus

    • 5 butir bawang, haluskan
    • Merica bubuk secukupnya
    • Garam dan gula secukupnya 

    Cara memasak :

    • Campur semua bahan dan bumbu jadi satu lalu tumis sebentar dengan margarin. 
    • Setelah bahan isian dingin, isi kulit lumpia dengan bahan isian secukupnya, lalu gulung. 
    • Goreng hingga kuning keemasan 
    • Hidangkan dengan cabe rawit 
    • Tips : Rekatkan gulungan lumpia dengan larutan air+maizena supaya tidak pecah berantakan ketika di goreng. 

    Selamat mencoba.. 

    Lebaran kemaren aku sama anak-anak bikin amplop lebaran sendiri. Cara bikinnya mudah, mengandalkan dari amplop yg dijual di toko. Jadi bongkar dulu amplop lebaran yang sudah kita beli, trus jiplak di kertas kado. Gunting lalu rekatkan sesuai pola. Jadi deeeeh.. 

    Selain bermanfaat dan lebih hemat, kegiatan bikin amplop lebaran sendiri ini bisa mengisi waktu luang anak-anak selama puasa atau liburan. 

    Selamat mencoba.. 

    Camilan sejak zaman dahoeloe kala.. Rasanya gurih, kental, dan manis. Ga tau kenapa dikasih nama “ande-ande lumut”. Ini nama yg aku tahu sejak kecil, ga tau deh kalo versi daerah lain, mungkin beda lagi namanya. 

    Simak resepnya yuuuk :

    Bahan

    • 1 kilogram singkong, kupas lalu potong kotak kecil-kecil, rendam air untuk menghilangkan getah dan tanah yang masih nempel. 
    • Santan secukupnya (bisa dari setengah butir kelapa, bisa juga 2 bungkus kara santan ukuran kecil) 
    • Gula pasir 3 sendok makan
    • Garam secukupnya 
    • Air secukupnya 
    • Daun pandan
    • Tepung tapioka 1 sendok makan, larutkan dalam setengah gelas air (boleh diskip klo ga suka terlalu kental) 

    Cara memasak :

    • Rebus singkong  sampai empuk
    • Masukkan garam, gula, daun pandan
    • Masukkan santan
    • Masukkan larutan tepung tapioka 
    • Koreksi rasa dan siap dihidangkan 

    Ketika kita tertimpa musibah atau masalah, seringkali kita dihibur oleh orang lain dengan kata-kata “yang sabar ya”. Mungkin ada di antara kita yang berpikir kenapa sih nasihatnya harus sabar? Apa tidak ada solusi lain? 

    Bagi seorang muslim.. 

    Sabar itu bukti tingginya keimanan dan tawakal 

    Sabar itu akan meninggikan derajat

    Sabar itu akan diberikan ganjaran (pahala) tanpa batas

    Dan.. 

    Sabar itu SOLUSI 


    Buku Karyaku yang Pertama

    Panduan Kesehatan Wanita
    Flower_book

    Wahai para ibu, berikanlah hak asASI bayimu!! 0 s.d 6 bln = ASI Eksklusif, setelah itu ASI + MPASI hingga 2 tahun

    Ikon ASI

    Daftar Artikel