Muslimah dan Kesehatan

Arsip Penulis

Bisa apa dengan uang 20-30 ribu??

Bisa masak sayur dan lauk untuk sekeluarga (sekali makan).

Masak sih??

Nah, kali ini aku pengen nulis beberapa resep masakan budget minim yang bisa untuk sekeluarga (cukup untuk ayah, ibu, dan anak-anaknya). Kita simak yuk beberapa menu bergizi yang dilengkapi dengan rincian biayanya, siapa tau bisa jadi inspirasi masak hari ini ^^

1. Oseng taoge campur tahu plus lauk fillet tuna goreng tepung (25.000) untuk 6 porsi

Bahan :

  • Toge/kecambah 2.000
  • Tahu coklat 2.000 (dapet 6 potong)
  • Bawang putih, bawang merah, cabe ijo besar, salam, Laos 1.000
  • Fillet tuna seperempat kg 15.000
  • Tepung bumbu 2500
  • Saori saos tiram 2500

Total : 25.000

Cara masak :

  • Iris tipis bawang putih, bawang merah, cabe hijau. Tumis dengan sedikit minyak/margarin bersama salam laos hingga tercium bau wangi.
  • Masukkan tahu yang sudah dipotong dan taoge yang sudah dicuci bersih.
  • Aduk-aduk sebentar kemudian masukkan saos tiram, sedikit air, gula, dan garam. Koreksi rasa.
  • Masakan siap dihidangkan.

Sedangkan untuk lauknya (fillet tuna) tinggal dibaluri dengan tepung bumbu lalu goreng. Aku pake metode celup ke bumbu basah dulu baru ke bumbu kering, hasil gorengannya jadi ala ayam goreng kentucky.

Kelebihan resep masakan yg satu ini, praktis dan ga banyak makan waktu untuk meracik. Taoge termasuk sayur yang udah tinggal cuci n cemplung aja, ga perlu dikupas n dipotong-potong. Cocok buat ibu-ibu yang ga punya banyak waktu untuk memasak.

Ini fotonya :

* Fillet tuna goreng tepungnya udah keburu ludes, jadi yang kefoto cuma 3 biji he he..

2. Mie godog/rebus istimewa (mie Jawa) 25.000 untuk 7-8 porsi

Bahan :

  • Mie telur 1 bungkus (isi 3) 5.000
  • Suwiran ayam rebus seperempat kg 10.000
  • Telur ayam 3 butir 5.000
  • Wortel, kubis, sawi, loncang, seledri 2.000
  • Ebi 2.000
  • Bawang putih, merica 1.000

Cara masak :

  • Haluskan ebi, bawang putih, dan merica.
  • Tumis bumbu halus sampai harum lalu masukkan suwiran ayam dan sayuran.
  • Tambahkan air, masukkan telur.
  • Terakhir masukkan mie dan tunggu hingga matang.
  • Masukkan gula dan garam secukupnya. Koreksi rasa.
  • Mie godog ala Jawa siap dihidangkan dengan taburan bawang goreng.

Ini fotonya :

3. Sayur bening bayam, lauk tahu Kentucky dan balado ikan asin (20.000) untuk 6 porsi

Bahan :

3 ikat bayam 3.000

1 buah wortel 1.000

1 ons ikan asin 7.000

4 butir tomat 2.000

Bawang merah, bawang putih, cabe merah, salam, jahe 2.000

5 buah tahu (aku iris bagi 2 karena gede, jadi 10 potong tahu) 2.000

Tepung Bumbu 3.000

Total : 20.000

Cara masak sayur bening bayam :

  • Masukkan potongan wortel, 1 butir bawang merah, jahe dan salam ke air di panci.
  • Setelah wortel empuk, masukkan potongan bayam, tunggu hingga matang. Ingat yaa.. tidak perlu terlalu lama ketika memasak bayam.

Cara masak balado ikan asin :

  • Goreng ikan asin.
  • Blender/ulek bumbu balado ya : cabe merah, tomat, bawang merah, bawang putih, dan terasi.
  • Tumis bumbu balado dengan minyak goreng sampai tercium bau wangi, lalu masukkan ikan asin yang sudah digoreng. Aduk-aduk sebentar kemudian angkat.

Cara masak tahu Kentucky :

  • Baluri potongan tahu dengan tepung bumbu yang sudah dicampur air lalu gulingkan ke tepung bumbu kering.
  • Goreng hingga kuning keemasan, lalu angkat.

Ini fotonya :

4. Sayur asem plus ayam goreng (30.000) untuk 6 porsi

Bahan :

  • 1 buah labu siam 2.000
  • 1 buah wortel 1.000
  • 1/2 butir tomat
  • 1-2 butir asem jawa
  • Kacang panjang 2.000
  • 1 buah jagung 2.000
  • 1/2 kg ayam 21.000
  • Bumbu ungkep (giling) 1.000
  • Tomat, 2 butir asem Jawa, 2 butir bawang merah, 2 butir bawang putih, salam, laos 1.000
  • Gula dan garam secukupnya

Total : 30.000

Cara masak sayur asem :

  • Rebus jagung, wortel, labu siam, salam, Laos, 2 butir bawang merah (iris tipis), 2 butir bawang putih (iris tipis/geprek), dan asem Jawa.
  • Setelah empuk, baru masukkan kacang panjang. Tambahkan garam dan gula. Koreksi rasa.
  • Sayur asem siap dihidangkan.

Cara masak ayam ungkep goreng :

  • Cuci bersih ayam yang sudah dipotong-potong.
  • Rebus dengan bumbu ayam, tambahkan garam, gula, salam dan laos.
  • Angkat ayam jika airnya sudah menyusut.
  • Goreng hingga kuning keemasan.
  • Ayam goreng siap disajikan.

Ini fotonya :

5. Gurameh goreng, sambel plus lalapan 30.000 (4-5 porsi)

Bahan :

1 ekor gurameh sedang 20.000

Cabe, tomat, terasi, bawang merah, bawang putih 5000

Lalapan (kubis, kacang panjang, taoge, leunca) 5000

Cara masak :

  • Goreng guramehnya
  • Ulek sambelnya
  • Cuci lalapannya

Ini fotonya :

Iklan

Menjelang puasa tahun ini, sekolahnya anak-anak ngadain market day. Berhubung tiga anak sekolah di sekolah yang sama dan semua pengen jualan, jadilah kita memutar otak mau jualan apa. Market Day tahun lalu cuma dua anak yang jualan karena yang nomor 3 waktu itu masih TK. Jualannya lumayan simple yaitu jasuke (jagung susu keju) dan pisang penyet yang dihargai 2000 rupiah. Alhamdulillah laku semua dan tentunya anak jadi ketagihan pengen dagang lagi he he..

Nah, kali ini masing-masing anak request pengen jualan apa. Sebenernya ga harus makanan sih, bisa hasil karya kerajinan tangan tapi aku ga ada waktu buat bikinnya apalagi dalam jumlah banyak. Mereka ga mau jualan jasuke dan pisang penyet lagi, minta ganti biar variasi. Akhirnya si sulung minta bikin Oreo lollipop, anak nomor 2 minta bikin puding buah dan anak nomor tiga minta bikin puding polkadot. Awalnya pesimis pas liat video cara pembuatan Oreo Lollipop dan puding polkadot tapi berhubung anaknya maunya itu akhirnya mulai deh belanja keperluan untuk bikinnya. Bahan yang dibeli seperti oreo, oreo mini, coklat batang, sprinkle warna warni, nutrijell, buah-buahan. Sedang pelengkapnya seperti stick permen lollipop, plastik transparan pembungkus permen, cup plastik plus tutupnya.

Beberapa hari sebelum acara market day, aku nyoba dulu bikin puding polkadot dan ternyata gagal he he.. akhirnya diputuskan bikin puding buah aja untuk anak kedua dan ketiga. Kalo anak pertama sih tetep pengennya lollipop oreo. Ternyata bikin lollipop oreo gampang banget lho. Begini step-stepnya :

  1. Lelehkan sedikit coklat batangan
  2. Buka keping oreo besar, tempelkan stick (pake coklat leleh sebagai “lem”nya) dan pasang Oreo kecil di sebelah kanan dan kiri atas (bentuk telinga mickey mouse), lalu tutup kembali.
  3. Masukkan dalam kulkas (aku semaleman)
  4. Lelehkan lagi coklat batangan (kali ini dalam jumlah banyak).
  5. Celupkan Oreo yang sekarang sudah dalam bentuk lollipop ke dalam coklat leleh sampai tercover semuanya, lalu taburi sprinkle warna-warni di atasnya.
  6. Aku berdiriinin lollipop oreonya supaya kering dan tidak nempel kemana-mana. Aku pake saringan panci pengukus yang bolong-bolong.
  7. Tunggu sampai coklatnya mengering. Setelah kering kemas dengan plastik transparan lalu ikat dengan pita.

Untuk step by step bikin puding buah sepertinya ga usah ditulis detail ya karena gampang banget cuma bikin jely (boleh juga pake agar), untuk warna terserah aja (boleh dimix/pelangi) trus atasnya dikasi toping irisan buah. Supaya menarik (eye catching) pilih buah yang berwarna cerah. Butuhnya ga banyak kok karena buahnya diiris tipis aja. Aku pake buah strawberry, nanas, anggur ungu, dan kiwi.

Ini foto-fotonya, tapi ga terlalu lengkap :

Masing-masing anak bawa 15pcs (jumlah maksimal yang ditentukan sekolah) dan alhamdulillah ludes terjual semua. Hasil jualannya juga utuh (ga ada salah hitung dan lain-lain). Yang paling cepet habis yang lollipop oreo karena ga ada saingannya. Alhamdulillah

Alhamdulillah masih diberi kesempatan Allah subhanahu wa ta’ala mudik mengunjungi rumah orangtua di Solo waktu liburan semester ganjil kemarin. Pengalaman pertama buat si bungsu, karena memang kami sudah di Bogor sebelum si bungsu lahir. Alhamdulillah orangtua justru yang sering nengok cucu-cucunya di Bogor.

Berhubung sudah lama gak ke Solo, jadi bener-bener dimanfaatkan untuk melakukan banyak hal. Salah satu hal yang ngangenin dari Solo adalah kulinernya. Jadi kami gak melewatkan untuk menyantap nasi liwet, pecel ndeso, serabi, dan tentunya carang gesing. Khusus untuk carang gesing, oma yang bikinin buat kami. Sebenernya resepnya banyak kok di google, ada yang pake pisang aja, ada yang dicampur roti tawar. Langsung aja yuk kita simak resepnya :

Bahan :

  • 10 buah pisang kepok, potong kecil
  • 5 lembar roti tawar (boleh dengan kulitnya)
  • Santan dari 1 butir kelapa (200ml)
  • 2 sendok tepung terigu
  • Gula dan garam secukupnya
  • Pandan, potong kecil
  • Daun pisang dan lidi untuk membungkus

Cara membuat :

  • Campur semua bahan, aduk
  • Bungkus adonan masing-masing dua sendok makan dengan daun pisang, lalu sematkan lidi.
  • Kukus dengan api sedang
  • Siap dihidangkan (bisa dimasukkan lemari es jika suka disantap dingin)

Ini gambar step by stepnya :

Selamat mencoba ya..

Permainan memasangkan ini bisa mengasah otak anak untuk mengenali mana benda yang sama. Ibu-ibu bisa pilih mainan apa saja secara random masing-masing ada dua yang berpasangan (sama persis). Sebagai gambaran biar lebih jelas liat gambar ini ya :

Nah..  sudah faham maksudnya kan? 

Taruh saja dalam kondisi bercampur, biarkan anak mencari dan memasangkan mana benda yang sama. Selamat bermain.. 

Punya mainan yang bertutup? 

Bisa dimanfaatkan jadi mainan edukatif lho, bisa buat ngajari si kecil memasangkan wadah dan tutupnya. Sebaiknya pilih barang yang sama warna wadah dan tutupnya. Bisa membantu belajar warna juga lho.. 

Seperti ini contohnya :

Selamat bermain bersama si kecil ya.. 

Kali ini mau ngeshare sedikit tentang mainan yang dibeli pas awal-awal punya anak pertama. Entah kenapa, rata-rata mainannya sama setiap adek-adeknya lahir. Beberapa diantaranya  masih awet dan bisa dipakai untuk adiknya. Mainan “standar” yang biasanya dibeli untuk anak. Apa aja sih? 

1. Krincingan 

2. Bebek-bebekan buat main di bak mandi

3. Bola kecil warna-warni 

4. Donat-donatan warna-warni

5. Mengenal bentuk

6. Pasang-pasang

7. Balok kayu

Selain murah meriah, beberapa diantaranya mudah ditemukan bahkan di penjual mainan keliling. Saranku sih kalo beli untuk yang pertama kali (anak pertama), usahakan beli yang kualitasnya lumayan bagus. Biasanya harga menunjukkan kualitas dan keawetan suatu mainan. Gak rugi kok mbeliin mainan anak. Bisa dipakai untuk stimulasi mereka dan kalau awet bisa dipakai lagi untuk adik-adiknya. Selamat berburu mainan untuk si buah hati ya.. 

Kalo denger kata “bika ambon” biasanya akan terbayang kue berwarna kuning yang berminyak dan butuh banyak telur untuk membuatnya. Ternyata banyak kok resep bika Ambon versi anak kos (hemat) di google. Salah satu resep yang kumodifikasi sesuai bahan yang ada alhamdulillah sukses. Hasilnya sesuai harapan, yaitu tekstur bersarang yang jadi ciri khas bika Ambon. 

Langsung aja, ini resepnya.. 

Bahan :

Bahan A :

  • 50ml air hangat
  • Setengah bungkus fermipan
  • 1 sendok teh gula pasir

Bahan B :

  • 100 gram tepung sagu tani
  • 50 gram terigu
  • 2 butir telur
  • 100 gram gula pasir
  • 1 sendok makan margarin, lelehkan

Bahan C :

  • Santan 200 ml (me : kara 60ml ditambah air sampai 200 ml) 
  • 1 buah sereh
  • 8 lembar daun jeruk
  • 1 sendok bubuk kunir  

Cara membuat :

  • Buat dulu bahan biang dengan mencampur semua bahan A. Diamkan selama kurang lebih 15 menit hingga berbusa. 
  • Sambil menunggu bahan biang berbusa, masak bahan C hingga mendidih, lalu saring dan ambil airnya. Diamkan sampai agak dingin. 
  • Campur semua bahan B lalu masukkan bahan C dan A. Aduk sampai tercampur rata. 
  • Masukkan adonan ke wajan cetakan kue yang sudah dipanaskan. Masak dengan api kecil (api lilin), jangan lupa tutup wajan. 
  • Tunggu hingga keliatan bersarang. Angkat dan siap dinikmati. 

Mencocokkan sayur dan buah (asli) dengan gambarnya.. (Boleh juga pake mainan sayur dan buah dari bahan plastik). 

Permainan ini banyak manfaatnya insyaallah, seperti :

  • Belajar mengenal nama-nama buah dan sayur
  • Belajar mencocokkan gambar dan bentuk 3 dimensinya

Bukan infus buat pasien kok.. Tapi infus water.. 

Prinsipnya sih cemplang cemplung buah dan rempah kesukaan kita aja. Kali ini aku nyoba bikin pake bahan :

  • Air dingin
  • Buah strawberry,  iris
  • Timun, iris
  • Buah lemon plus kulitnya, iris
  • Jahe, iris atau geprek
  • Kayu manis 

Sengaja ga ditulis berapa banyaknya, karena memang ga mengikat banget, sesuai selera aja ya.. 

Diamkan selama 1 jam atau lebih di dalam kulkas. Minum dalam kondisi dingin lebih enak.. 

Begini penampakan hasilnya.. Segarrrr.. 

Masih punya sisa nasi kemaren? Bosen dibikin nasi goreng melulu?

Saatnya mencoba kreasi baruuu.. Ada dua kreasi :

1. “Kue lumpur nasi

Kue lumpur yang biasanya berbahan dasar kentang kini bisa diganti dengan nasi dan rasanya ternyata ga kalah enak. Alhamdulillah anak2 suka banget kue lumpur nasinya. Ludes dalam waktu singkat..

Ini resepnya :

Bahan :

  • 1 piring nasi (porsi orang dewasa)
  • 10 sendok makan (munjung) tepung terigu
  • 1 sendok makan (munjung) tepung tapioka
  • 7 sendok makan gula pasir
  • 1 butir telur
  • Seperempat sendok vanili (boleh diskip)
  • 200 ml Santan (kalo pake kara kecil 65ml diencerin sampe 200ml)
  • 1 sendok margarin, lelehkan

Cara membuat :

  • Blender nasi, telur, gula pasir, dan santan sampe jadi seperti bubur
  • Masukkan adonan yg diblender ke dalam baskom, masukkan terigu, tapioka, vanili, dan margarin.
  • Panaskan cetakan, masukkan adonan lalu taburi dengan keju, meises, kismis, atau kurma.
  • Masak dengan api kecil.
  • Tutup wajan dan tunggu sampai matang.

Ini penampakannya :

2. Cireng nasi

Bahan :

  • 1 piring nasi (200gram)
  • 1 bungkus (75gram) tepung bumbu (me : kobe)
  • 1 batang daun bawang iris tipis
  • Setengah gelas air (100ml)

Cara membuat :

  • Campur semua bahan
  • Sendokin adonan dan goreng hingga matang
  • Sajikan dengan bumbu rujak atau pempek

Ini pic nya :


Buku Karyaku yang Pertama

Panduan Kesehatan Wanita
Flower_book

Wahai para ibu, berikanlah hak asASI bayimu!! 0 s.d 6 bln = ASI Eksklusif, setelah itu ASI + MPASI hingga 2 tahun

Ikon ASI

Daftar Artikel

RSS Bahasa Arab Online

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
Iklan