Muslimah dan Kesehatan

WAG OSB #1 Tema : “Demam” 

Posted on: 21/03/2017

WhatsApp Group OSB (Obrolan Seputar Bayi) Pertemuan pertama tgl 15 Maret 2017

Pengantar

Serbaserbi Demam

Demam bukan penyakit namun gejala yang muncul untuk menginformasikan ada sesuatu yang “tidak beres” di dalam tubuh.

Demam  manfaatnya banyak;

  • meningkatkan pertahanan tubuh 
  • memerangi infeksi
  • menurunkan kadar zat besi dalam tubuh
  • meningkatkan produksi antivirus

Bijak konsumsi obat penurun demam

  • demam pada bayi & anak banyak disebabkan oleh virus, obat tidak diperlukan kecuali jika suhu terus meningkat
  • obat penurun demam diperlukan jika suhu tubuh mencapai  38°C atau lebih
  • penggunaannya setiap 6 jam sekali atau 4 jam sekali jika sangat terpaksa

Tindakan sederhana saat baby demam;

  • ukur suhu per 4 jam
  • hindari pakaian tebal
  • beri ASI sesering mungkin
  • istirahat cukup
  • ruangan bersih & sirkulasi udara lancar
  • kompres air hangat pada kening, ketiak, leher dan lipatan paha

Dalam waktu 3 hari demam belum membaik segera bawa ke tempat pelayanan kesehatan terdekat

Tanya Jawab :

OSB-18 ibu H

Anak anak alhamdulillah usia 1thn baru tumbuh gigi. Kebanyakan kata temen2 biasanya demam. Nah, anak ana ini hanya bagian kepala aja yg anget (bkn panas) tepatnya d bagian rambut. Apakah ini normal? Atau pengaruh dr tumbuhnya gigi? Mohon masukkannya utk menangani hal ini..

Jazaakunnallahu khair

Jawab : pada anak bayi suhu kepala lebih hangat dari bagian tubuh lain adalah hal biasa karena banyak pembuluh darah di kepala dan memang kulit nya lebih tipis. Hangat seperti ini belum tentu demam, jadi tetap diukur pake termometer ya… Kalo berkaitan dengan tumbuh gigi memang bisa saja menimbulkan demam. 

OSB-5 ibu T

Mau nanya, waktu anak saya demam dokter bilang katanya selain ngga boleh dipakein baju tebal dan AC dinyalain aja ngga pa2, tp wktu itu pernah baca artikel ktnya suhu ruangan ngga boleh dingin krn memperlambat pelepasan panas tubuh. Mohon penjelasannya, jazaakumullah khoir

Jawab: boleh nyalain AC tapi disetelnya jangan terlalu dingin, dan  pastikan anak banyak minum karena AC bisa mengurangi kadar air,  padahal anak demam biasanya lebih mudah mengalami penguapan di tubuh nya. Kalo kurang minum nanti bisa dehidrasi

OSB-44 ibu UB

‘Afwan, klo demam disertai kejang, tidak sampe 5menit, tapi sering, apakah berpengaruh pada kecerdasan anak nantinya? Jazakumullah khairan

Jawab : sebenarnya kejang demam kurang dari 5 menit Insyaallah tdk berbahaya, tapi kalo frekuensinya sering harus waspada. Saya saran kan diperiksakan ke dokter

OSB-8 ibu EU

Afwan um, mau tnya, bgmn penggunaan byebyefever ketika anak demam, apakah hal itu dianjurkan??

Jawab : tidak dianjurkan tapi tidak dilarang juga. Asal kan tetap dipantau demam nya. Karena setau saya sifat nya semacam kompres saja. 

OSB -36 ibu L

Tanya : apakah step (kejang saat demam) itu ada keturunan dari ortunya?. Contohnya : sang ibu dulu pas balita jika demam rawan kejang padahal suhu masih wajar 38 derajat blm sampe 40. Lalu anak2nya seperti itu juga. Anak pertama dan kedua seperti itu.

Jawab : Kejang ini merupakan kelainan yang diturunkan secara autosomal dominan, yakni gen pembawa kelainan kejang demam ini bersifat dominan. Jadi, bila ada salah satu dari orang tua memiliki riwayat kejang demam waktu kecil, kemungkinan besar anaknya juga akan mewarisi kelainan serupa. 

OSB-4 ibu EF

Kmrn anak sy 2 hari demam setelah imunisasi. Hari pertama dan kedua 37°c. Dikasih sanmol jg dr puskesmas. Awalnya sy bertahan di hari pertama gak sy minumkn sanmolnya. Tp runtuh jg pertahanannya di hari kedua. Krn anak jd gak mau mimik ASI. Bgmn ya um? Terlalu dini kah memberi obat di usia 4 bulan? Kalau terpaksa atau darurat bgmn cara yg baik dlm memberikan obat kpd anak di bawah 6 bulan ( msh mimik ASI aja) ?

Jawab : obat boleh diberikan meski bayi masih ASI eksklusif karena obat sifat nya diberikan hanya ketika dibutuhkan. Bukan utk dirutinkan sebagai cairan pengganti ASI. asal sesuai Indikasi, sesuai aturan, dan atas saran dokter insyaallah tdk apa2. 

OSB-19 ibu MI

Saya mau tanya 

1.bagaimana dengan anak yang non vaksin 

2.apakah harus tiap hari baby umur 10bulan PUP? 

Jawab:

1. Tidak faham pertanyaan nya ^^

2. Tidak harus. Tapi karena sudah MPASI sebaiknya diperhatikan konsumsi seratnya supaya BABnya lancar. 

OSB-15 ibu LR

Kl anak ke 2 sy,DPT 1 enggak sy ksh obat,cmn asi aja, DPT 2 sempet sy kasih 1x sanmol,tp kluar”belek”kotoran mata, jdnya sanmol gak dilanjutin alhamdulillah panasnya turun. 

Pas Usia 8bln demam tinggi lalu saya kasih sanmol,kluar belek lg, tp krn panas gak turun2 jdnya trus dikasih sanmol hingga 4hari,sy ngasihnya sedikit sehari 3x, krn gak turun2 dan malah kluar bercak kecil2 ditubuh akhirnya opname di RS, sampai RS diminumin parasetamol jg. Sudah di infus msh jg demam. Di tulang hidungnya agak hitam2. Lalu saya kepikiran jangan2 anak sy alergi dgn parasetamol, lalu setelah sy konsultasi dgn perawat akhirnya gak diberi parasetamol lg, alhamdulillah demamnya turun, bintiknya jg ilang. Saat itu jg cek darah ktnya bukan tipes maupun DB, dr rekmednya tertulis demam dgn sebab tdk diketahui. 
Lalu usia msh dibawah 2thn anak saya ini demam tinggi lg, cek lab ternyata dbd dan tipes,saat itu anak sy yg pertama 6thn jg tipes, krn yg 6thn ini gak mau makan akhirnya opname, sementara ank sy yg alergi parasetamol cmn minun obat dokter untuk tipes dan db,tp tanpa sanmol maupun ibuprofen krn kt dokter ibu profen kontraindikasi dgn db, saat itu anak sy minumin sarikurma tiap setengah jam, pikir sy dgn minum sarikurma pasti dia minta minum putih krn rsanya manis bgt,harapannya anak tdk dehidrasi. Alhamdulillah akhirnya sembuh, sekarang kl anak ini demam kl tdk perlu sekali sy hanya kasih sarikurma,alhamdulillah demamnya bisa turun. Skrg anaknya udah 4thn.
*Pertanyaannya:* apakah alergi parasetamol itu bisa hilang ato tdk

Jawab: utk memastikan sebaiknya dilakukan tes alergi. Alergi yg sudah bisa dipastikan penyebab nya ada yg bisa “mereda” dan ada yg tidak. Misal pernah alergi susu, setelah usia sudah semakin besar, dicoba minum susu tidak muncul gejala alergi lagi. Tapi belum tentu hilang total. Saya saran kan konsultasi langsung dengan ahli alergi, karena alergi ini penyakit yg unik dan beda orang bisa berbeda penanganan nya.

Sesi Interaktif

Tanya #1 :

Jazakillah khoir atas jawabannya bu dokter. Sy mau tanya lg, jika saat demam, anak gak mau mimik ASI, bgmn solusinya?

Jawab

Kalau demam sampai tidak mau minum ASI kemungkinan anak sdh sangat tdk nyaman. Coba dilakukan langkah2 untuk menurunkan demam (kompres dll sampai minum parasetamol). Biasanya kalau demam nya bisa turun, anak akan mau minum ASI kembali. Jika masih tidak mau minum ASI (padahal masih ASI Ekslusif/ tdk ada asupan lain selain ASI) sebaiknya segera dibawa ke dokter supaya tdk terjadi dehidrasi

Tanya #2:

Dok, anak saya 2 bln yg lalu demam 38° hingga 41°, lalu saya periksakan ke klinik,dan tes lab hasilnya leukositnya hingga 3400, beberapa hr sebelumnya urinenya bau sekali, saat periksa kok dokternya nanya, pernah ada lebab tdk?, pilek tdk?, batuk tdk? Saat itu jawabannya tdk smua, anak saya hanya demam tinggi, lalu saya diberi obat. Setelah sampai rumah saya searching2, info yg saya dapat leukocit sebesar itu tanda2 leukimia. Saya khawatir dok tetapi suami sy meyakinkan sy kl putri kmi hanya panas biasa. Sampe sekarang anaknya sehat dok. Apakah benar leukosit sebesar itu blm tentu leukimia dok? Apakah saya perlu tes lab lagi dok

Jawab :

Sebaiknya cek lab lagi untuk menyingkirkan kekhawatiran ibu. Leukosit bisa menurun pada kondisi infeksi virus. Mudah-mudahan setelah infeksi nya teratasi, angka leukosit normal kembali. Utk mengetahui nya harus dgn cek lab lagi

Tanya #3

Anak F, laki-laki, 16 bulan, 3 pekan lalu kejang demam selama 10 menit. Sebelumnya, dia sudah bisa jalan beberapa langkah.  Setelah demamnya sembuh, motorik kasarnya belum pulih seperti semula. Sekarang berdiri sendiri belum bisa. Apakah yang harus dilakukan?

Jawab : Dicoba dilatih jalan lagi, karena wajar kalau setelah sakit anak masih belum semangat seperti sebelumnya, apalagi usia nya masih 16bulan. Tapi kalau nampak sekali motoriknya jadi tidak bisa sama sekali sebaiknya dibawa ke dokter anak. Jika diperlukan akan disarankan ke ahli fisioterapi

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buku Karyaku yang Pertama

Panduan Kesehatan Wanita
Flower_book

Wahai para ibu, berikanlah hak asASI bayimu!! 0 s.d 6 bln = ASI Eksklusif, setelah itu ASI + MPASI hingga 2 tahun

Ikon ASI

Daftar Artikel

RSS Muslimah.or.id

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
%d blogger menyukai ini: