Muslimah dan Kesehatan

Archive for Juli 2017

Aslinya sih namanya roti sobek, tapi karena nyobeknya gak cuma sekali, kayaknya lebih pas kalo dikasih nama roti sobek-sobek. Whatever lah.. Langsung aja simak resepnya ya.. 

Bahan :

  • 250 gram tepung terigu 
  • 4 sendok makan gula pasir
  • 1 sendok teh fermipan
  • 150 ml air hangat
  • 1 sachet susu bubuk /27 gram (me : dancow putih)
  • 1 butir kuning telur
  • 1 sendok makan margarin
  • Sejumput garam

Cara membuat :

  • Masukkan 2 sendok makan gula pasir dan 1 sendok teh fermipan ke dalam 150ml air hangat. Tunggu hingga berbusa (kurang lebih 15-30 menit). 
  • Campurkan tepung terigu, susu bubuk, 2 sendok makan gula pasir, dan 1 butir kuning telur. 
  • Kemudian masukkan air berisi  fermipan yang sudah berbusa sedikit demi sedikit ke dalam adonan tepung. 
  • Tambahkan margarin dan sedikit garam lalu uleni hingga kalis.  
  • Diamkan 1 jam dalam wadah yang ditutup lap /serbet basah. 
  • Setelah mengembang, bagi menjadi 9 bagian lalu isi dengan selai, coklat, atau isian lain sesuai selera. Bulatkan dan tata dalam loyang. Diamkan lagi setengah jam dengan ditutup lap basah. 
  • Jika sudah mengembang, oles permukaannya dengan kuning telur dan taburi wijen/ coklat Meises/ parutan keju sesuai selera. 
  • Panggang dalam oven yang sudah dipanaskan selama kurang lebih 25 menit. 
  • Angkat jika permukaannya sudah nampak kecoklatan. 

Selamat mencoba.. 

Iklan

Sekali-sekali pengen bikin menu ala Jepang yang praktis dan gampang banget bikinnya.. 

Bahan :

  • Setengah kilogram dada ayam (dipotong kotak seperti fillet) 
  • 1 butir bawang bombay, iris tipis
  • 5 butir bawang putih, geprek
  • 2 sachet saos teriyaki (me : saori) 
  • 2 sendok makan kecap manis
  • Biji wijen untuk taburan
  • Margarin untuk menumis
  • Garam secukupnya 

Cara memasak :

  • Lumuri ayam dengan saos teriyaki dan kecap manis, masukkan dalam kulkas dan diamkan hingga bumbunya meresap (30menitan).
  • Tumis irisan bawang bombay dan bawang putih geprek dengan margarin sampai layu. 
  • Masukkan ayam yang sudah dilumuri saos teriyaki dan kecap, lalu tambahkan air secukupnya hingga ayam terendam. 
  • Tunggu hingga airnya susut dan kuahnya mengental. Tambahkan garam secukupnya. 
  • Sajikan dengan taburan biji wijen. 

Ini foto step by stepnya :

Selamat mencoba.. 

Berhubung penasaran banget sama puding kaca mawar yang dijual di stan takjil ketika Ramadhan, aku dan anak-anak bikin puding kaca versi cetakan agar yang ada di rumah. Cara bikinnya gampang kok.. 

Bahan : 

  • Nutrijel agar rasa strawberry (pink) 
  • Nutrijel agar coklat
  • Nutrijel jelly rasa lechi (bening) 

Cara membuat :

  • Masak nutrijel agar coklat trus dimasukkan ke cetakan bentuk gelas sampe memenuhi seperempat bagian gelas. Tunggu sampe mengeras. 
  • Masak Nutrijel agar strawberry dan masukkan ke cetakan apa aja (aku pake cetakan bentuk mobil, binatang, dan lain2). Tunggu sampe mengeras. 
  • Masukkan Nutrijel agar strawberry aneka bentuk ke dalam gelas yang sudah diisi Nutrijel agar coklat. 
  • Masak Nutrijel jelly rasa lechi, lalu masukkan ke dalam gelas hingga menutup seluruh permukaan Nutrijel agar strawberry. Tunggu sampe mengeras. Masukkan ke dalam kulkas. Lebih nikmat dinikmati dalam kondisi dingin. Yummy.. 

    Selamat mencoba ya.. 


    Buku Karyaku yang Pertama

    Panduan Kesehatan Wanita
    Flower_book

    Wahai para ibu, berikanlah hak asASI bayimu!! 0 s.d 6 bln = ASI Eksklusif, setelah itu ASI + MPASI hingga 2 tahun

    Ikon ASI

    Daftar Artikel