Muslimah dan Kesehatan

Masih punya sisa nasi kemaren? Bosen dibikin nasi goreng melulu? 

Saatnya mencoba kreasi baruuu.. Ada dua kreasi :

1. “Kue lumpur nasi

Kue lumpur yang biasanya berbahan dasar kentang kini bisa diganti dengan nasi dan rasanya ternyata ga kalah enak. Alhamdulillah anak2 suka banget kue lumpur nasinya. Ludes dalam waktu singkat.. 

Ini resepnya :

Bahan :

  • 1 piring nasi (porsi orang dewasa) 
  • 10 sendok makan (munjung)  tepung terigu 
  • 1 sendok makan (munjung) tepung tapioka
  • 7 sendok makan gula pasir
  • 1 butir telur
  • Seperempat sendok vanili (boleh diskip) 
  • 200 ml Santan (kalo pake kara kecil 65ml diencerin sampe 200ml)
  • 1 sendok margarin, lelehkan

Cara membuat :

  • Blender nasi, telur, gula pasir, dan santan sampe jadi seperti bubur
  • Masukkan adonan yg diblender ke dalam baskom, masukkan terigu, tapioka, vanili, dan margarin. 
  • Panaskan cetakan, masukkan adonan lalu taburi dengan keju, meises, kismis, atau kurma. 
  • Masak dengan api kecil. 
  • Tutup wajan dan tunggu sampai matang. 

Ini penampakannya :

2. Cireng nasi

Bahan :

  • 1 piring nasi (200gram)
  • 1 bungkus (75gram) tepung bumbu (me : kobe) 
  • 1 batang daun bawang iris tipis
  • Setengah gelas air (100ml)

Cara membuat : 

  • Campur semua bahan
  • Sendokin adonan dan goreng hingga matang
  • Sajikan dengan bumbu rujak atau pempek 

Ini pic nya :

Iklan

Setelah beberapa kali bikin roti dan kue pake oven, akhir-akhir ini lg seneng bikin camilan n lauk pake teflon cetakan pancake. Nah, kali ini pengen bikin roti yang ngehits di kalangan para “praktisi”  perbakingan alias orang-orang yang pengen baking serba praktis. Aslinya sih pake resep roti manis atau roti sobek (tanpa susu) tapi karena dibikin pake teflon dengan cara sedikit ditekan, hasilnya jadi mirip bakpia yang gepeng. Untuk isiannya ga pake kacang hijau seperti bakpia pada umumnya, cukup pake bahan yang ada di rumah aja. 

Simak yuk.. 

Bahan :

  • 200 gram tepung terigu 
  • 4 sendok makan gula pasir
  • 1 sendok teh fermipan
  • 150 ml air hangat
  • 1 butir kuning telur
  • 1 sendok makan margarin
  • Sejumput garam

Cara membuat :

  • Masukkan 2 sendok makan gula pasir dan 1 sendok teh fermipan ke dalam 150ml air hangat. Tunggu hingga berbusa (kurang lebih 15-30 menit). 
  • Campurkan tepung terigu, 2 sendok makan gula pasir, dan 1 butir kuning telur. 
  • Kemudian masukkan air berisi fermipan yang sudah berbusa sedikit demi sedikit ke dalam adonan tepung. 
  • Tambahkan margarin dan sedikit garam lalu uleni hingga kalis.  
  • Diamkan 1 jam dalam wadah yang ditutup lap /serbet basah. 
  • Setelah mengembang, bagi menjadi 7 bagian lalu isi dengan selai, coklat, keju, atau isian lain sesuai selera. Bulatkan dan tekan sedikit sehingga agak gepeng, kemudian tata di atas teflon. 
  • Panggang di atas teflon dengan api kecil. Balik jika bagian bawahnya sudah kecoklatan. 
  • Angkat jika kedua permukaannya sudah kecokelatan semua. 

Selamat mencoba.. 

Aku nyoba bikin pizza pake resep yang pernah kushare, tapi pake teflon cetakan pancake. Tentunya hasil pizzanya berukuran mini. Satu resep pizza bisa menghasilkan 12 buah pizza mini. Klo cuma pengen bikin 6 buah, bisa pake setengah resep aja. 

Ini resepnya :

  • 250 gram tepung terigu
  • 1 sendok makan gula pasir
  • Setengah sendok teh garam
  • 1/2 bungkus fermipan
  • merica bubuk secukupnya
  • 100 ml (setengah gelas) air hangat
  • 1 sendok makan minyak goreng

Toping :

  • Sosis 3 buah diiris tipis (aku pake sosis ikan siap makan) 
  • Saos tomat (karena untuk anak-anak jadi dibikin gak pedes)
  • Mayonnaise (aku pake mayumi) 1 sachet
  • Keju parut

Margarin blue band (untuk olesan di teflon cetakan pancake)

Cara bikin nya :

  • Fermipan dan gula pasir dimasukkan ke air hangat. Ditunggu sampai berbusa. Kalau tidak berbusa berarti fermipannya gak berfungsi, sebaiknya gak dipakai lagi.
  • Sambil nunggu fermipannya aktif (kira-kira 15 menit), campurkan tepung terigu dengan garam, minyak goreng, dan merica. 
  • Masukkan larutan air hangat dan fermipan yang sudah berbusa. Masukinnya sedikit-sedikit saja sambil diuleni sampai kalis. (Jangan dibayangin nguleninnya lama dan ribet ya, cuma sebentar banget, ga ada 5 menit juga sudah kalis kok)
  • Masukkan adonan yang sudah kalis ke dalam baskom dan tutup dengan kain lap bersih. Tunggu sampai mengembang (kurang lebih 30menit).
  • Setelah adonan mengembang, masukkan ke dalam cetakan pancake yang sudah diolesin margarin (supaya tidak lengket). Tekan-tekan hingga memenuhi satu lubang cetakan. 
  • Masukkan toping (sosis), tata di atas adonan tepung, beri saos dan mayonnaise. Terakhir taburi keju.
  • Masak dengan api kecil

Tips biar sukses, pas manggang di atas telfon pake api keciiil aja dan jangan lupa ditutup ya.. 

Ini penampakan pizza mininya :


Pengen bikin kue tradisional yang mudah tapi enak, maka pilihan jatuh ke klepon. Simak yuk resep dan step by step pembuatannya.. 

Siapkan bahanbahannya :

  • 250 gram tepung ketan putih
  • 50 gram (5sendok makan) tepung beras
  • 1 sendok teh garam halus
  • 1 sachet vanili 
  • 150ml air 
  • pewarna hijau 

Pelengkap :

  • Kelapa muda parut, kukus utk taburan
  • Gula merah (gula jawa), sisir utk isian

Campur semua bahan (kecuali kelapa parut dan gula jawa), tambahkan air yang sudah dicampur pewarna hijau sedikit demi sedikit sampai adonan bisa dibentuk (jangan terlalu lembek dan jangan terlalu kering) :

Isi adonan dengan gula merah secukupnya, jangan terlalu banyak ya :

Bentuk menjadi bulat-bulat, sisihkan :

Masukkan ke dalam panci berisi air yang mendidih :

Tiriskan dengan saringan :

Taraaaaa.. Hasil akhir :

Terkadang kita merasakan kesemutan ketika sedang mengetik atau duduk bersila terlalu lama. Kesemutan memang sudah tidak asing lagi bagi kita, karena hampir semua orang pernah merasakannya. Walaupun kelihatannya sepele, kesemutan sering menimbulkan rasa tidak nyaman. Selain itu, kesemutan juga bisa menjadi salah satu tanda adanya gangguan saraf dan gejala penyakit serius. Pada kesempatan kali ini, akan dibahas tentang hal-hal yang terkait dengan kesemutan, termasuk beberapa kiat untuk mencegah kesemutan.

APAKAH KESEMUTAN ITU?

Kesemutan dalam ilmu kedokteran merupakan sebuah gejala gangguan pada fungsi saraf atau aliran darah yang mengakibatkan terjadinya perubahan sensasi yang dirasakan seseorang. Semula dari sensasi yang tidak terasa menjadi kesemutan, baal (sensasi tebal), atau sedikit nyeri bila anggota tubuh bergerak sedikit saja. Gangguan fungsi saraf bisa terjadi karena ada kerusakan pada saraf. Ada pula karena gangguan aliran darah yang menimbulkan pemberian makanan di saraf terhambat dan menyebabkan kesemutan. Penyebabnya bermacam-macam, bisa hanya karena tangan kita tertekuk (terlipat) lama atau tertindih sehingga menghambat aliran darah dan menjadi kesemutan atau bisa juga karena adanya penyakit-penyakit tertentu.

KAPAN HARUS WASPADA?

Kita harus waspada jika ada tanda-tanda seperti kesemutan yang tidak hilang setelah bagian tubuh digerak-gerakkan, atau bila pada awalnya hanya terasa di dua jari kemudian menjalar ke semua jari, lalu merambat ke tangan, atau semula hanya dialami sebagian kecil organ tubuh namun kemudian merambat ke bagian tubuh yang lebih luas, atau bila semula hanya terjadi sekali-sekali kemudian menjadi semakin sering, atau bila kesemutan menjadi rasa kebal (mati rasa). Jika kita mengalami gejala-gejala semacam ini, sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter. Dokter akan menyelidiki bagian tubuh yang mengalami kesemutan, meliputi luasnya, tempat awal kesemutan, dan perkembangan kesemutan itu sejak awal. Semua informasi ini akan menunjukkan penyebab terjadinya kesemutan. Barangkali ada gangguan pada saraf tepi, otot, sumsum tulang belakang, atau mungkin otak.

GEJALA PENYAKIT SERIUS

Kita perlu mengetahui beberapa penyakit serius yang ditandai dengan gejala kesemutan, antara lain:

  1. Carpal Tunnel Syndrome (CTS). Gejalanya berupa kesemutan yang menyerang ujung jari (biasanya tangan kanan) dan kemudian berkembang menjadi rasa tebal saat digunakan beraktivitas. Gejala kesemutan ini berkaitan dengan rongga di pergelangan tangan (karpal) yang mengalami pembesaran otot-otot sehingga menekan saraf yang melewati terowongan tersebut. CTS bisa menjadi gangguan lebih serius bila dibiarkan cukup lama, misalnya 1 sampai 2 tahun. Pada tahap ini tekanan otot sudah mengganggu aliran darah ke tangan, dan mengakibatkan otot-otot yang mengalami kekurangan nutrisi akan mengecil, dan akibatnya bisa melemahkan otot. 
  2. Diabetes mellitus (kencing manis). Pada penderita kencing manis, kesemutan adalah gejala kerusakan pembuluh-pembuluh darah. Akibatnya, darah yang mengalir di ujung-ujung saraf berkurang. Gejala yang dirasakan biasanya telapak kaki terasa tebal, kadang-kadang panas, dan kesemutan di ujung jari terus-menerus. Kemudian disertai rasa nyeri yang menikam, seperti ditusuk-tusuk di ujung telapak kaki, terutama pada malam hari.
  3. Radang sumsum tulang belakang (myelitis). Terjadi pada orang dewasa, kadang-kadang gejala kesemutan didahului oleh flu berat. Kesemutan yang dirasakan akan menghebat, naik dari ujung jari kaki sampai ke pusar (perut tengah). Gejalanya berkembang menjadi rasa tebal di permukaan kulit. Setelah fase ini, penderita akan mengalami kesulitan berjalan. Ini adalah gejala radang sumsum tulang belakang, yang terjadi karena serangan virus bernama cytomegalovirus (CMV). Pada kasus seperti ini, penderita menjadi tidak bisa mengontrol buang air kecil, dan buang air besar juga sulit. Penyakit ini dapat disembuhkan total, dapat pula cuma sembuh sebagian, tetapi ada juga yang sampai lumpuh.
  4. Jantung. Pada penderita sakit jantung, kesemutan dapat juga timbul karena komplikasi jantung dan sarafnya. 
  5. Rematik. Penyakit yang satu ini juga bisa menimbulkan kesemutan atau rasa tebal. Gejala kesemutan karena rematik akan hilang bila rematik sembuh.
  6. Stroke. Pada penderita stroke, bila yang terserang sistem motorik, maka bisa berakibat lumpuh. Namun, bila yang terserang sistem sensorik, yang dirasakan penderita hanya kesemutan atau baal sebelah, yang disebut sensorik stroke.


ANAK-ANAK JUGA BISA MENGALAMINYA

Jika si kecil mengeluh kesemutan, besar kemungkinan akibat kekurangan vitamin B. Biasanya ini diderita anak-anak yang agak besar. Berbeda dengan orang dewasa, kesemutan pada anak jarang terjadi, karena jaringan sarafnya masih fleksibel dan anak-anak biasanya lebih aktif bergerak. Untuk mencegahnya, kita bisa memberikan makanan yang banyak mengandung vitamin B seperti daging, hati, sayuran hijau, dan kacang-kacangan. Vitamin B bisa membantu mengaktifkan sistem saraf dengan membantu produksi neurotransmitter-koenzim pembawa rangsangan pesan dari satu sel saraf ke sel saraf yang lain.

KIAT MENGHINDARI KESEMUTAN

Ada beberapa kiat yang bisa kita praktekkan untuk menghindari kesemutan, antara lain :

  • Jika sedang duduk bersila, sesekali ubahlah posisi, jika awalnya kaki kanan diatas kaki kiri, maka lakukan sebaliknya. Selain itu, hindari duduk di kursi dengan menyilangkan kaki terlalu lama.
  • Bagi yang bekerja dengan menggunakan komputer, sebaiknya membiasakan mengetik dengan pergelangan tangan tidak menyentuh meja. Untuk itu, hendaknya mengetik dengan posisi duduk di kursi yang tingginya proporsional dengan meja dan keyboard (papan ketik).
  • Hindari kebiasaan bertopang dagu dan berdiri disamping meja sambil menopang badan dengan sebelah tangan,
  • Jika anda termasuk orang yang banyak melakukan gerakan-gerakan ketika sedang tertidur, sebaiknya pilih alas tidur yang tidak keras. Supaya tidak terjadi benturan yang bisa menyebabkan gangguan saraf. 
  • Hindari posisi tidur dengan meletakkan tangan di belakang kepala atau tertidur sambil duduk dengan posisi ketiak di sandaran kursi/sofa.
  • Jangan menulis dengan posisi tengkurap, tapi duduklah di kursi dengan pantat merapat ke belakang dan punggung lurus menempel pada sandaran. 
  • Sebagai umat muslim, maka hendaklah kita menjauhi minuman keras. Allah subhanahu wa taala dan Rasul-Nya telah melarang meminum khamr/minuman keras karena dapat menimbulkan kemadharatan (bahaya). Diantaranya, para penggemar minuman keras bisa mudah mengalami kesemutan, bila takaran alkohol yang merasuki tubuhnya sudah terlalu banyak. Hal ini disebabkan oleh alkohol yang merusak metabolisme vitamin B. Pada saat yang bersangkutan kekurangan vitamin B1, timbullah gangguan pada saraf. Tentu saja, karena vitamin ini salah satu unsur yang diperlukan untuk penghantaran rangsang listrik pada saraf. 
  • Banyak mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B untuk menjaga kesehatan saraf.

JIKA MENGALAMI KESEMUTAN

Untuk mengatasi kesemutan, caranya cukup mudah, yaitu dengan memperbaiki aliran darah di bagian tubuh yang kesemutan. Caranya, secara perlahan digerak-gerakkan saja bagian yang kesemutan tadi hingga hilang. Bisa juga dengan memijat atau melepaskan bendungan yang jadi penghambat aliran darah. 

JANGAN ANGGAP SEPELE

Kesemutan yang biasa kita alami ternyata bisa menjadi sinyal kalau ada sesuatu yang salah dengan aliran darah atau saraf kita. Bahkan, kesemutan juga bisa menjadi gejala penyakit serius. Oleh karena itu, tidak berlebihan kiranya jika kita berusaha mencegah terjadinya kesemutan. Berolah raga secara teratur, menjaga sikap tubuh yang baik, mempertahankan pola makan sehat, dan menghindari stres insyaAllah dapat membantu mencegah kesemutan. Semoga bermanfaat dan mudah-mudahan Allah subhanahu wa taala senantiasa melimpahkan nikmat kesehatan bagi kita semua. (dr. Avie Andriyani Ummu Shofiyyah)

Sumber

Prof. Dr. dr. Lumbantobing, Sp.S, Neurologi Klinik , 2006, Balai Penerbit FKUI, Jakarta 

Kelompok studi serebrovaskuler, Guidelines Stroke 2004 edisi ketiga, PERDOSSI

Alhamdulillah dapet oleh-oleh wajan cetakan pancake 7 lubang dari oma solo. Bagiku sebagai koki keluarga besar, alat dapur macam ini sangat bermanfaat karena bisa menghemat waktu. Bayangin aja, kalau biasanya masak telur harus nyeplok satu-satu, sekarang bisa bikin sekaligus 7 dalam sekali waktu. Bonusnya adalah bentuk bulat yang bagus, ga mbleber kesana kemari. 

Soal harga, aku ga tau harganya berapa karena ini hadiah he he.. Aku rekomen buat ibu-ibu dengan banyak anak atau mungkin juga mau buat jualan kue. Cara mbersihinnya tinggal dilap pake tisu atau lap kering aja. Ga perlu (dan katanya sih ga boleh) pake air plus sabun cuci piring. 

Ini penampakan wajannya :

Ini contoh makanan yang pernah kumasak pake wajan cetakan :

Aku mau sharing pengalaman bikin kue tapi ngocok adonannya pake blender, bukan mixer. Awalnya sih karena penasaran sama tombol 4 blender philips yang simbolnya kue. Kali ini aku mau bikin kue cubit yang praktis dengan resep sebagai berikut :

  • 3 butir telur ayam 
  • 5 sendok makan gula pasir 
  • 100 gram margarin, lelehkan 
  • 10 sendok makan tepung terigu
  • Setengah sendok teh baking powder
  • Seperempat sendok teh soda kue
  • Satu sendok teh vanili bubuk

Cara bikinnya :

  • Masukkan telur dan gula pasir ke dalam blender lalu nyalakan 
  • Setelah warnanya berubah menjadi putih dan keliatan mengembang, masukkan terigu, margarin, baking powder, soda kue, dan vanili. Nyalakan lagi blendernya. 
  • Adonan siap dimasak di atas telfon (aku pake cetakan pancake) 

Ternyataaah.. Bisa juga ngocok adonan kue cubit pake blender. Tapi gak tau deh untuk adonan cake yang biasanya kental banget bisa apa enggak. Selamat mencoba ya.. 

Ini pic step by step nya :

Menu bebakaran termasuk salah satu menu yang sangat jarang kumasak sendiri. Momen bakar membakar makanan biasanya hanya kami kerjakan setahun sekali yaitu ketika hari raya idul adha. Mumpung ada pemanggang plus arang, aku manfaatkan untuk membakar makanan selain sate. Kali ini aku sudah menyiapkan ikan gurameh untuk dibikin gurameh bakar madu. 

H-1 hari raya idul adha aku sudah pesan ke penjual ikan keliling karena selama hari raya dan beberapa hari sesudahnya pedagang ikan keliling bakalan libur dan ikan menjadi langka di warung-warung. Orang-orang masih memiliki daging kurban dan biasanya menunya seputar daging sapi atau daging kambing. 

Bumbu utamanya hanya bawang putih, ketumbar, kecap, garam, dan tentunya madu. Jangan lupa diberi perasan jeruk nipis untuk menghilangkan amis. 

Ini foto-foto penampakan before and after dibakar :

Buat kamu yang pernah mainan pake ampas parutan kelapa, berarti kamu punya masa kecil yang bahagia, he.. 

Pas masih anak-anak, sering banget mainan  pake ampas parutan kelapa yang udah diambil santannya. Ditambah pewarna makanan jadinya lebih mantap. Cara bikinnya gampang banget sih, cuma dicampur pewarna makanan aja. 

Kayak gini nih :



Selama di Bogor, sering banget nemuin menu orek tempe. Kayak menu wajib untuk sarapan gitu, soalnya kan biasa dipake buat pelengkap nasi uduk sama nasi kuning. Kalo biasanya aku nemuin yang serupa di Solo namanya “kering tempe”. Tekstur kering tempe sesuai dengan namanya memang lebih kering dan biasanya pedas. Kalo orek tempe ala Jawa Barat ini lebih manis, tidak terlalu kering, biasanya tidak terlalu pedas, dan tidak tahan lama. Kalo kering tempe kan awet ya, bisa sampe semingguan kali ya. 

Nah, kali ini aku mau share resep orek tempe yang praktis banget, bahkan anakku yang kelas 4 SD udah bisa bikin sendiri. Mulai dari motong, nggoreng, numis, ngaduk-ngaduk ampe mateng dikerjain sendiri sama anakku. Ini resepnya :

Bahan :

  • 1 papan tempe, iris kecil-kecil, lalu goreng setengah matang, sisihkan
  • 5 butir bawang putih, iris-iris
  • Laos dan salam
  • Kecap manis
  • Gula dan garam secukupnya

Cara memasak :

  • Tumis bawang putih, salam, dan laos. 
  • Masukkan tempe yang sudah diiris tipis dan digoreng 
  • Tambahkan kecap, aduk-aduk
  • Masukkan air secukupnya, tunggu hingga air menyusut
  • Siap dihidangkan


Buku Karyaku yang Pertama

Panduan Kesehatan Wanita
Flower_book

Wahai para ibu, berikanlah hak asASI bayimu!! 0 s.d 6 bln = ASI Eksklusif, setelah itu ASI + MPASI hingga 2 tahun

Ikon ASI

Daftar Artikel