Muslimah dan Kesehatan


Salah satu cara anak-anak mengisi liburan long weekend kali ini adalah dengan mengadakan market Day ala mereka sendiri di rumah. Terinspirasi dari acara market day disekolah mereka beberapa waktu yang lalu, kini anak-anak pengen jualan lagi tapi di rumah. Hari sabtu mereka sudah sibuk membuat kerajinan tangan hasil kreasi mereka sendiri. Sedang kan si nomor 3 cuma bilang minta dibeliin pop ice 3 sachet karena akan jualan es pop ice blender dan dikasih meises (niruin toko seberang sekolah mereka yang jualan pop ice). Baiklah .. Aku cuma mendukung aja, sedangkan abinya ngasih uang recehan untuk mereka berjual beli. 

Ahad pagi anak-anak sudah siap mandi dan prepare semua peralatan bermain market day. Barang dagangan juga sudah siap ditata di atas meja. Wow.. Serius banget yak..^^ Ternyata mereka berjualan dompet kain flanel, amplop hias, kotak pensil, celengan, dan es pop ice. Beneran mblender sendiri he he.. 

Alhamdulillah banyak manfaatnya sih, yang utamanya bisa mengisi waktu luang ketika liburan jadi ga bosen. Mereka juga keliatan kompak saling membantu persiapan jualan. Bisa belajar matematika kayak ngitung uang kembalian dan ngitung keuntungan. Mereka juga belajar pecahan, karena pop Icenya bisa beli setengah doang (setengah gelas seribuan, kalo penuh dua ribu) he.. Bisa aja ya anak-anak ^^

Selain itu, mereka diingatkan kembali tentang doa masuk pasar dan kewajiban untuk jujur dalam berjual beli. Well.. Ga seru kalo umminya ga nimbrung.. Akhirnya aku ikutan beli dagangan anak2 juga.. ^^ 

Baarakallahu fiikum anak-anakku.. 

Bagi ibu2 yang punya banyak seabrek kerjaan rumah, tentu pengennya aktivitas memasak itu bisa cepat, praktis, dan enak. Selain persediaan bumbu halus yang sering disebut dengan istilah bumbu putih, bumbu kuning, dan bumbu merah (bumbu ungu ga ada yak?) ^^, aku punya persediaan bumbu yang tak biasa. Aku nyebutnya sih “bumbu iris” karena isinya semua bahan yang diiris. Ibu-ibu pasti sepakat kan kalau masak itu yang lama ngeraciknya sama cuci peralatan dapurnya. Kalau cemplang cemplungnya sih cepet, kayak chef yang masak itu kan diliatin semua bahan udah siap dan ga mungkin dong diliatin dia lagi nyuci piring^^. 

Aku naruh stock bumbu iris di semacam wadah catering gitu, jadi satu wadah banyak sekatnya. Isinya irisan bawang merah, irisan bawang putih, irisan cabe, daun salam dan laos yang udah dipotong2. Ketebak  dong itu bumbu apa? Yak bener banget, itu adalah bumbu oseng. 

Kelebihannya kita bisa menghemat banyak waktu dengan adanya bumbu yang sudah diracik. Sedangkan kelemahannya memang ga seawet bambu halus yang bisa dimasukin freezer. Untuk menyiasatinya, persediaannya ga usah banyak2, secukupnya aja, kira2 bisa untuk masak oseng berapa kali. Oh ya, nyimpennya di kulkas ya, tapi jangan di freezer, ntar jadi es laos^^. 

Bisa untuk masak oseng apa aja sih? Banyak banget lho, contohnya oseng kangkung, cumi, pare, tahu buncis, daun pepaya, bunga pepaya, dan lain2. Cara masaknya juga standar, tumis bumbu iris sampe layu kemudian masukin bahan dan sayurannya. Tambahkan air, kecap, saos tiram, garam, dan gula sesuai selera. Tunggu sampe matang, selesaaaaaaiiiii. Praktis banget kan?! 

Ini beberapa masakan oseng yang pernah kubikin dan sempet  kufoto (oseng buncis tahu dan oseng cumi asin)  :

Selamat mencoba.. 

Pernah mbayangin cake dimix sama Nutrijel? Bikin penasaran dan pengen coba resepnya. Awalnya sih mbayangin kalo bakal ada sensasi kenyalnya. Ternyata tidak^^,  rasanya cake biasa dengan aroma jeruk (aku pake nutrijel rasa jeruk), tapi memang lebih padat dibanding cake biasa. Rasanya enak alhamdulillah, meski anak-anak  masih prefer cake marmer jadul. Ini dia resepnya :

Bahan :

  • 125 gram tepung terigu
  • 1 bungkus nutrijel rasa apa aja (Serbuk asamnya ga usah dimasukin) 
  • 5 sendok makan gula pasir
  • 2 butir telur
  • 100 gram margarin dilelehkan
  • Setengah sendok teh SP

Cara  Membuat :

  • Mixer telur, gula, dan SP sampai kental dan mengembang. 
  • Masukkan terigu dan nutrijel perlahan kemudian terakhir masukkan margarin cair. 
  • Masukkan adonan ke dalam loyang yang sudah dioles margarin dan ditaburi tepung. 
  • Panggang dalam oven bersuhu 180 derajat selama kurang lebih 25 menit. 
  • Jika sudah matang, keluarkan dan potong-potong. 

Selamat Mencoba.. 

Beberapa kali gak sukses masak nasi goreng bikin aku penasaran, sebenarnya apa sih rahasianya tukang nasgor kok bisa enak dan muprul. Muprul itu bahasa jawa untuk menggambarkan nasi yang ga menggumpal, jadi seperti pisah2 gitu nasinya (emang bahasa jawa itu sangat kaya ya, sampe bingung mau njelasin dalam bahasa Indonesianya^^). Nah, seiring berjalannya waktu, aku baca berita tentang penjual nasgor yang cerita kalau kunci suksesnya ada di BERASnya , tentu saja selain bumbu rahasia mereka. Para penjual nasgor itu make beras pera, bukan beras biasa. Alhamdulillah beras pera ini mudah kudapati di warung karena orang sini banyak yang jualan nasi uduk, dan nasi uduk juga paling bagus kalau makenya beras pera. Lain kali insyaallah aku share juga resep nasi uduk pake magic com. 

Kembali ke nasi goreng pake beras pera^^

Dari informasi di Wikipedia, beras pera memiliki kandungan amilosa lebih dari 20% yang membuat butiran nasi nya terpencar-pencar (tidak berlekatan) dan keras. Nilai plus nya lagi adalah indeks glikemik nya lebih rendah dibanding beras biasa, ini artinya lebih bagus untuk yang khawatir kadar gula darah nya tinggi. Selain itu, buat ibu2 yang punya anak kecil macam aku, nasi dari beras pera ini kalo berceceran lebih mudah disapu karena tidak lengket di lantai^^.

Masalah harga sih tergantung kualitas, tapi selama ini kalo beli beras  pera biasanya lebih mahal dari beras  biasa meski selisihnya gak banyak. Buat yang belum pernah nyoba masak nasgor pake beras pera, mangga atuh bisa dicoba.. Insyaallah hasilnya tidak mengecewakan. Bahkan sekarang kalo ga ada beras pera, biasanya masak nasgornya ditunda dulu, karena udah tau bedanya^^

Kalo bumbu nasgor sih relatif  ya. Kalo tips dari temen, biar rasanya gurih macam di resto, nasgornya dibanyakin kemirinya trus masaknya jangan pake minyak goreng tapi pake margarin aja. Selamat mencoba.. 

Ini nasgor favorit yang biasanya selain buat sarapan di rumah juga dibawa buat bekal ke sekolah :

Pengantar

Beberapa masalah yang sering dihadapi oleh ibu menyusui :

1. PAYUDARA BENGKAK (ENGORGEMENT)

Sekitar hari ketiga atau keempat sesudah ibu melahirkan, payudara sering terasa lebih penuh, tegang, serta nyeri. Keadaan seperti itu disebut engorgement (payudara bengkak) yang disebabkan oleh adanya statis di vena dan pembuluh darah bening

Hal ini merupakan tanda bahwa ASI mulai banyak disekresi

Apabila dalam keadaan tersebut ibu menghindari menyusui karena alasan nyeri lalu memberikan prelacteal feeding (makanan tambahan) pada bayi, keadaan tersebut justru berlanjut. Payudara akan bertambah bengkak atau penuh karena sekresi ASI terus berlangsung sementara bayi tidak disusukan sehingga tidak terjadi perangsangan pada puting susu yang mengakibatkan refleks oksitosin tidak terjadi dan ASI tidak dikeluarkan

Jika hal ini terus berlangsung, ASI yang disekresi menumpuk pada payudara dan menyebabkan areola (bagian berwarna hitam yang melingkari puting) lebih menonjol, puting menjadi lebih datar dan sukar dihisap oleh bayi ketika disusukan

Bila keadaan sudah sampai seperti ini, kulit pada payudara akan nampak lebih merah mengkilat, terasa nyeri sekali dan ibu merasa demam seperti influenza

Pencegahan :

  • Susukan bayi segera setelah lahir, apabila keadaan memungkinkan
  • Susukan bayi tanpa dijadwal (on demand / sesuka bayi)
  • Keluarkan ASI dengan tangan atau pompa bila produksi melebihi kebutuhan bayi
  • Lakukan perawatan payudara pasca persalinan secara teratur
  • Keluarkan sedikit ASI sebelum menyusui agar payudara lebih lembek, sehingga puting lebih mudah ditangkap/diisap oleh bayi
  • Berikan kompres dingin untuk mengurangi rasa sakit pada payudara
  • Berikan kompres hangat sebelum menyusui untuk memudahkan bayi mengisap (menangkap) puting susu
  • Lakukan pengurutan (masase) payudara yang dimulai dari puting ke arah payudara untuk mengurangi peningkatan peredaran darah dan terjadinya statis di pembuluh darah dan pembuluh getah bening dalam payudara

2. KELAINAN PUTING SUSU

  • Puting susu datar
  • Puting susu terpendam (tertarik ke dalam)

3. PUTING SUSU NYERI (SORE NIPPLE) DAN PUTING SUSU LECET (CRACKED NIPPLE)

Terjadi karena beberapa sebab sebagai berikut:

  • Posisi bayi saat menyusu yang salah, yaitu puting susu tidak masuk kedalam mulut bayi sampai pada areola sehingga bayi hanya mengisap pada puting susu saja
  • Hisapan/tekanan terus menerus hanya pada tempat tertentu akan menimbulkan rasa nyeri waktu diisap, meskipun kulitnya masih utuh
  • Pemakaian sabun, lotion, cream, alkohol dan lain-lain yang dapat mengiritasi puting susu
  • Bayi dengan tali lidah (frenulum linguae) yang pendek sehingga menyebabkan bayi sulit mengisap sampai areola dan isapan hanya pada putingnya saja
  • Kurang hati-hati ketika menghentikan menyusu (mengisap)

Puting susu nyeri biasanya dapat disembuhkan setelah memperhatikan tehnik menyusui yang benar, khususnya letak puting dalam mulut bayi, yaitu bibir bayi menutup areola sehingga tidak nampak dari luar, puting di atas lidah bayi, areola di antara gusi atas dan bawah

Untuk menghindari puting susu nyeri atau lecet, perlu diperhatikan hal-hal sebagai berikut :

  • Tidak membersihkan puting susu dengan sabun, alkohol, lotion, cream, dan obat-obat yang dapat mengiritasi
  • Sebaiknya selesai menyusukan untuk melepaskan hisapan bayi, tekanlah dagu bayi atau pijit hidungnya atau masukkan jari kelingking ibu yang bersih ke mulut bayi
  • Ibu dianjurkan tetap menyusui bayinya mulai dari puting yang tidak sakit serta menghindari tekanan lokal pada puting dengan cara merubah-rubah posisi menyusui
  • Untuk puting yang sakit dianjurkan mengurangi frekuensi dan lamanya menyusui

4. SALURAN SUSU TERSUMBAT (OBSTRUCTIVE DUCT)

Saluran susu tersumbat (obstructive duct) adalah suatu keadaan dimana terjadi sumbatan pada satu atau lebih saluran susu yang disebabkan oleh tekanan jari waktu menyusui atau pemakaian BH yang terlalu ketat

Hal ini juga dapat terjadi karena komplikasi payudara bengkak yang berlanjut yang mengakibatkan kumpulan ASI dalam saluran susu tidak segera dikeluarkan sehingga merupakan sumbatan

Untuk mengatasi terjadinya saluran susu tersumbat (obstructive duct) ada beberapa hal yang dianjurkan, antara lain:

  • Sebaiknya ibu melakukan perawatan payudara setelah melahirkan dengan teratur agar tidak terjadi stasis dalam payudara yang mengakibatkan terjadinya radang payudara (mastitis)
  • Gunakan BH dengan desain menopang (menyangga), bukan menekan payudara
  • Keluarkan ASI setiap kali selesai menyusui bila payudara masih terasa penuh

5. RADANG PAYUDARA (MASTITIS)

Radang payudara (mastitis) adalah infeksi yang menimbulkan reaksi sistemik (seperti demam) pada ibu 

Hal ini biasanya terjadi pada 1-3 pekan setelah melahirkan dan sebagai komplikasi saluran susu tersumbat

Keadaan ini biasanya diawali dengan puting susu lecet/luka

Gejala-gejala yang bisa diamati pada radang payudara antara lain kulit nampak lebih merah, payudara lebih keras serta nyeri dan berbenjol-benjol (merongkol)

Untuk mengatasi hal tersebut di atas, ibu perlu dianjurkan agar :

  • tetap menyusui bayinya supaya tidak terjadi stasis dalam payudara yang cepat menyebabkan terjadinya abses
  • Ibu perlu mendapatkan pengobatan (Antibiotika, antipiretik/penurun panas, dan analgesik/pengurang nyeri) serta banyak minum dan istirahat untuk mengurangi reaksi sistemik (demam) 
  • Bilamana mungkin, ibu dianjurkan melakukan senam laktasi (senam menyusui) yaitu menggerakkan lengan secara berputar sehingga persendian bahu ikut bergerak ke arah yang sama

6. ABSES PAYUDARA

Kelanjutan/komplikasi dari radang payudara akan menjadi abses. 

Hal ini disebabkan oleh meluasnya peradangan dalam payudara tersebut dan menyebabkan ibu tampak lebih parah sakitnya, payudara lebih merah mengkilap, benjolan tidak sekeras seperti pada radang payudara (mastitis), tetapi tampak lebih penuh/bengkak berisi cairan

Ibu dianjurkan banyak minum dan istirahat. Bayi dihentikan untuk menyusui sementara waktu pada payudara sakit dan setelah sembuh dapat disusukan kembali. Akan tetapi, bayi tetap bisa menyusui pada payudara yang sehat tanpa dijadwal (sesuka bayi).

7. AIR SUSU IBU KURANG

8. BAYI BINGUNG PUTING

Istilah bingung puting dipakai untuk menggambarkan keadaan bayi yang mengalami nipple confusion karena diberi susu formula dalam botol bergantian dengan menyusu pada ibu. 

Tanda-tanda bayi bingung puting antara lain:

  • Bayi mengisap puting seperti mengisap dot
  • Waktu menyusu, bayi mengisapnya terputus-putus atau tersendat-sendat
  • Bayi menolak menyusu ibu

Hal-hal yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya bingung puting adalah sebagai berikut:

  • Ibu harus mengusahakan agar bayi hanya menyusu ibu saja
  • Ibu harus menerapkan cara menyusui yang benar
  • Ibu sebaiknya menyusui bayi tanpa dijadwal (sesuka bayi)
  • Ibu perlu lebih sabar dan lebih telaten ketika menyusui bayi
  • Sebaiknya ibu melaksanakan perawatan payudara setelah melahirkan secara sistemik dan teratur

Tanya jawab

OSB-4 ibu EF  UH

Bayi sy skrg 4 bulan tp sy masih kesulitan dlm menyusui. Salah satu puting PD sy terpendam. Dulu waktu baru lahir, bayi tdk mau menyusu di PD tsb. Tp skrg sudah mau meskipun seringnya gak mau tp sy paksa. Selain itu bentuk PD sy membuat tiap kali menyusui harus dipegang PD nya kalau gak dipegang nutupin hidung dedek. Jd sy rempong bgt kalau menyusui. Apalagi jika di tempat umum. Tangan sy yg satunya skrg jd sakit dan njarem / lebam di pergelangan tangannya  Krn keseringan megang PD dan sering kram jg. Afwan jadi curhat, treatment apa ya um yg hrs sy lakukan utk masalah sy itu? 

Jawab :

Solusinya dengan sering menawarkan puting PD yang terpendam pada bayi, terutama ketika bayi sedang lapar2nya sehingga tidak punya pilihan lain dan biasanya bayi jadi rakus minum nya. Semakin sering dihisap maka ASI makin lancar. Untuk masalah posisi bisa disiasati dengan mengambil tempat yang nyaman, tangan yang menggendong bayi bisa disangga bantal sehingga tidak lelah. Kemudian diposisikan sehingga PD tidak menutup hidung bayi. Jadi sebenarnya bukan bentuk PD tapi karena usia bayi sehingga ukuran kepala dan wajahnya masih kecil dibanding PD. Seiring bertambahnya usia bayi, insyaallah akan menemukan posisi yang pas. 

OSB-18 ibu H

Usia bayi ana 1thn lebih. Seorang laki2. Pernah suatu hari, pd bagian kiri ana tidak keluar tp hanya bbrp menit saha. Padahal biasanya jika ana pencet putingnya keluar. Apa asi ana kurang ya? Biasa si anak minum pd kanan kiri. Tp kejadian ini hanya sekali & sebentar..

Jawab

PD yang kosong justru merupakan pemicu diproduksinya ASI. Jd tidak perlu khawatir jk merasa PD kosong, karena bukan berarti ASI nya kurang. Ketika PD kosong, otak akan mengirim sinyal sehingga kelenjar PD akan memproduksi ASI. Yang penting tetap percaya diri, insyaallah kita bisa menyusui^^

OSB-22 ibu Y

bayi ana sekarang 19bulan , dulu waktu lahir kakaknya masih setahun setengah jadi ana menyusui tandem, karna si kakak sering pilik batuk pada waktu itu dan ana kerepotan klw harus nyuci pd sebelum si adek nyusu khawatir nular, jadi ana bagi si kakak pd kanan adek pd kiri , tp setelah si kakak di sapih kok adek sampe sekarang ga mau nyusu di pd kiri klw ana paksa malah nangis dan ga mau nyusu, ahirnya pd ana besar sebelah, solusinya gmn ya mba? Pernah ana paksa banget ahirnya ana yg troma karna di gigit kenceng sama adek#hadeeeh giginya banyak dan tajam banget. 

Jawab

solusi nya dengan relaktasi atau menyusui kembali, artinya selama ini sdh tdk menyusu ke sebelah kiri ya dikembalikan ke fungsi nya semula. Tidak ada cara lain selain dicoba terus ditawarkan, terutama ketika anak lapar atau ngantuk atau masih setengah tidur (misal ketika terbangun malam minta nenen). Pake cara lembut, jangan dipaksa. Kalau belum mau ya bersabar dan terus dicoba. Kalau PD kiri terlalu penuh sebaiknya dikeluarkan dulu sedikit, kalo terlalu deras juga sering kali anak jadi menolak. 

OSB 44  ibu Ub

Bagaimana cara utk meningkatkan kualitas dan kuantitas ASI?

Adakah pantangan baik makanan/minuman utk ibu menyusui?

Apakah konsumsi obat penurun tensi dn penghilang rasa sakit yang rutin di minum ibu menyusui bisa berpengaruh terhadap bayi ?

Jazakillah khairan

Jawab :

Pada asalnya Allah menciptakan ASI sudah sangat sempurna kualitasnya, jadi masalah makanan atau minuman jangan terlalu memberatkan harus mengonsumsi ini dan itu. Selama makanannya baik, bergizi , dengan porsi yang cukup insyaallah sudah menunjang produksi ASI. Silakan jika ingin ditambah sayuran hijau yang terbukti memperlancar ASI seperti daun katuk misalnya. Sedangkan untuk kuantitas yang penting busui tidak stres/banyak pikiran karena pusat pengatur produksi ASI ada di otak. Tidak ada pantangan makanan atau minuman khusus selama ibu dan bayi tidak alergi. 

Obat yang aman untuk ibu menyusui jika diminum sesuai dosis dan atas petunjuk dokter seperti :

  • Obat analgesik atau penghilang nyeri : paracetamol, ibuprofen, Asam Mefenamat.
  • Obat anti hipertensi : captopril, nifedipin, metildopa, verapamil. 

Obat yang tidak aman :

  • Obat analgesik : antalgin, asetosal atau aspirin. 
  • Obat anti hipertensi  : Obat golongan diuretik seperti furosemid, atenolol, Klonidin. 

Prinsip dasar untuk dapat meminum obat pada saat menyusui dengan aman adalah meminum obat hanya apabila benar-benar diperlukan, hal ini juga berlaku untuk konsumsi suplemen makanan atau konsumsi jamu-jamuan. Minum obat hanya yang dianjurkan dan direkomendasikan oleh dokter dengan sebelumnya menginformasikan dulu kepada dokter bahwa sedang menyusui, agar dokter dapat memberikan resep obat yang aman untuk dikosumsi pada saat menyusui.

Selain itu perhatikan juga kondisi bayi selama mengonsumsi obat tersebut, meskipun obat tersebut telah dinyatakan aman apabila terdapat perubahan atau reaksi yang aneh pada bayi harap segera menghentikan obat yang dikonsumsi tersebut dan segera memeriksakan bayi ke dokter.

Alhamdulillah sekarang gampang banget kalo mau beli roti maryam. Ada yang jual di kantin sekolah dan ada juga kedai frozen food deket rumah yang sedia roti maryam ini. Pernah sekali nyoba bikin dan pengen nulis resepnya di blog supaya bisa diliat sewaktu-waktu kalo pengen bikin lagi. Resep roti maryam :

Bahan :

•    1 kg tepung terigu protein tinggi
•    1 sendok teh garam 
•    4 sendok makan susu bubuk
•    2 butir kuning telur 
•    2 butir telur
•    450 cc air hangat 
•    175 cc minyak goreng

Cara Membuat :

  1. Campur minyak goreng, telur (2 butir telur dan 2 kuning telur) dan juga air. 
  2. Aduk aduk bahan tersebut diatas sampai rata.
  3. Masukkan tepung terigu protein tinggi, garam, susu bubuk. Uleni hingga kalis.
  4. Bagi adonan sama rata kira kira 50 gram, bulatkan adonan. Olesi bagian atas dari adonan yang telah dibulatkan dengan minyak.
  5. Tutup dengan serbet atau plastik bersih. Diamkan selama kurang lebih 1 jam.
  6. Kemudian giling adonan sampai tipis, bentuk oval panjang. 
  7. Kemudian kita gulung menjadi gulungan panjang. Bentuk kerucut keatas.
  8. Diamkan sebentar kemudian giling lagi dengan ketebalan 1/2 cm. Tiap kali menggiling tambahkan olesan margarin supaya gurih. 
  9. Panaskan minyak dalam wajan teflon yang telah diolesi dengan sedikit margarin (dikit banget lho ya), goreng hingga kecokelatan (goreng disini maksudnya kayak bikin roti bakar gitu). 
  10. Angkat dan beri topping sesuai selera

Catatan :

  • Bikin buletannya dikira2 aja besarnya (kalau ga punya timbangan), sesuai dengan selera kita mau sebesar apa roti maryamnya. 
  • Sebagian roti maryamnya kumasak di atas teflon setengah matang aja karena mau kusimpen di freezer kulkas. Nanti kalo pengen makan tinggal dipanasin aja. 
  • Resep di atas buat bikin sekaligus banyak,  jadi kalo mau bikin dikit bisa bikin setengah resep aja. 
  • Camilan satu ini enak di makan langsung atau dikasi toping  sesuai selera. Sebenernya aslinya kan di makan pakai kuah kari, tapi tambah ribet lagi kali ya kalo harus masak karinya juga ^^. Paling sering dan mudah  biasanya dikasi gula halus aja. Kalo di kantin sekolah anak-anak dikasi meises dan keju. Mau pakai selai juga boleh. 

    Ini foto hasilnya (ditaruh di atas piring kecil)  :

    Sebenernya ada step-step biar roti maryamnya berlapis-lapis tapi aku gak sempet foto-foto. Googling aja dengan kata kunci “step by step resep roti maryam”, insyaallah banyak pic yang lengkap dan jelas. Selamat mencoba.. 

    WhatsApp Group OSB (Obrolan Seputar Bayi) Pertemuan pertama tgl 15 Maret 2017

    Pengantar

    Serbaserbi Demam

    Demam bukan penyakit namun gejala yang muncul untuk menginformasikan ada sesuatu yang “tidak beres” di dalam tubuh.

    Demam  manfaatnya banyak;

    • meningkatkan pertahanan tubuh 
    • memerangi infeksi
    • menurunkan kadar zat besi dalam tubuh
    • meningkatkan produksi antivirus

    Bijak konsumsi obat penurun demam

    • demam pada bayi & anak banyak disebabkan oleh virus, obat tidak diperlukan kecuali jika suhu terus meningkat
    • obat penurun demam diperlukan jika suhu tubuh mencapai  38°C atau lebih
    • penggunaannya setiap 6 jam sekali atau 4 jam sekali jika sangat terpaksa

    Tindakan sederhana saat baby demam;

    • ukur suhu per 4 jam
    • hindari pakaian tebal
    • beri ASI sesering mungkin
    • istirahat cukup
    • ruangan bersih & sirkulasi udara lancar
    • kompres air hangat pada kening, ketiak, leher dan lipatan paha

    Dalam waktu 3 hari demam belum membaik segera bawa ke tempat pelayanan kesehatan terdekat

    Tanya Jawab :

    OSB-18 ibu H

    Anak anak alhamdulillah usia 1thn baru tumbuh gigi. Kebanyakan kata temen2 biasanya demam. Nah, anak ana ini hanya bagian kepala aja yg anget (bkn panas) tepatnya d bagian rambut. Apakah ini normal? Atau pengaruh dr tumbuhnya gigi? Mohon masukkannya utk menangani hal ini..

    Jazaakunnallahu khair

    Jawab : pada anak bayi suhu kepala lebih hangat dari bagian tubuh lain adalah hal biasa karena banyak pembuluh darah di kepala dan memang kulit nya lebih tipis. Hangat seperti ini belum tentu demam, jadi tetap diukur pake termometer ya… Kalo berkaitan dengan tumbuh gigi memang bisa saja menimbulkan demam. 

    OSB-5 ibu T

    Mau nanya, waktu anak saya demam dokter bilang katanya selain ngga boleh dipakein baju tebal dan AC dinyalain aja ngga pa2, tp wktu itu pernah baca artikel ktnya suhu ruangan ngga boleh dingin krn memperlambat pelepasan panas tubuh. Mohon penjelasannya, jazaakumullah khoir

    Jawab: boleh nyalain AC tapi disetelnya jangan terlalu dingin, dan  pastikan anak banyak minum karena AC bisa mengurangi kadar air,  padahal anak demam biasanya lebih mudah mengalami penguapan di tubuh nya. Kalo kurang minum nanti bisa dehidrasi

    OSB-44 ibu UB

    ‘Afwan, klo demam disertai kejang, tidak sampe 5menit, tapi sering, apakah berpengaruh pada kecerdasan anak nantinya? Jazakumullah khairan

    Jawab : sebenarnya kejang demam kurang dari 5 menit Insyaallah tdk berbahaya, tapi kalo frekuensinya sering harus waspada. Saya saran kan diperiksakan ke dokter

    OSB-8 ibu EU

    Afwan um, mau tnya, bgmn penggunaan byebyefever ketika anak demam, apakah hal itu dianjurkan??

    Jawab : tidak dianjurkan tapi tidak dilarang juga. Asal kan tetap dipantau demam nya. Karena setau saya sifat nya semacam kompres saja. 

    OSB -36 ibu L

    Tanya : apakah step (kejang saat demam) itu ada keturunan dari ortunya?. Contohnya : sang ibu dulu pas balita jika demam rawan kejang padahal suhu masih wajar 38 derajat blm sampe 40. Lalu anak2nya seperti itu juga. Anak pertama dan kedua seperti itu.

    Jawab : Kejang ini merupakan kelainan yang diturunkan secara autosomal dominan, yakni gen pembawa kelainan kejang demam ini bersifat dominan. Jadi, bila ada salah satu dari orang tua memiliki riwayat kejang demam waktu kecil, kemungkinan besar anaknya juga akan mewarisi kelainan serupa. 

    OSB-4 ibu EF

    Kmrn anak sy 2 hari demam setelah imunisasi. Hari pertama dan kedua 37°c. Dikasih sanmol jg dr puskesmas. Awalnya sy bertahan di hari pertama gak sy minumkn sanmolnya. Tp runtuh jg pertahanannya di hari kedua. Krn anak jd gak mau mimik ASI. Bgmn ya um? Terlalu dini kah memberi obat di usia 4 bulan? Kalau terpaksa atau darurat bgmn cara yg baik dlm memberikan obat kpd anak di bawah 6 bulan ( msh mimik ASI aja) ?

    Jawab : obat boleh diberikan meski bayi masih ASI eksklusif karena obat sifat nya diberikan hanya ketika dibutuhkan. Bukan utk dirutinkan sebagai cairan pengganti ASI. asal sesuai Indikasi, sesuai aturan, dan atas saran dokter insyaallah tdk apa2. 

    OSB-19 ibu MI

    Saya mau tanya 

    1.bagaimana dengan anak yang non vaksin 

    2.apakah harus tiap hari baby umur 10bulan PUP? 

    Jawab:

    1. Tidak faham pertanyaan nya ^^

    2. Tidak harus. Tapi karena sudah MPASI sebaiknya diperhatikan konsumsi seratnya supaya BABnya lancar. 

    OSB-15 ibu LR

    Kl anak ke 2 sy,DPT 1 enggak sy ksh obat,cmn asi aja, DPT 2 sempet sy kasih 1x sanmol,tp kluar”belek”kotoran mata, jdnya sanmol gak dilanjutin alhamdulillah panasnya turun. 

    Pas Usia 8bln demam tinggi lalu saya kasih sanmol,kluar belek lg, tp krn panas gak turun2 jdnya trus dikasih sanmol hingga 4hari,sy ngasihnya sedikit sehari 3x, krn gak turun2 dan malah kluar bercak kecil2 ditubuh akhirnya opname di RS, sampai RS diminumin parasetamol jg. Sudah di infus msh jg demam. Di tulang hidungnya agak hitam2. Lalu saya kepikiran jangan2 anak sy alergi dgn parasetamol, lalu setelah sy konsultasi dgn perawat akhirnya gak diberi parasetamol lg, alhamdulillah demamnya turun, bintiknya jg ilang. Saat itu jg cek darah ktnya bukan tipes maupun DB, dr rekmednya tertulis demam dgn sebab tdk diketahui. 
    Lalu usia msh dibawah 2thn anak saya ini demam tinggi lg, cek lab ternyata dbd dan tipes,saat itu anak sy yg pertama 6thn jg tipes, krn yg 6thn ini gak mau makan akhirnya opname, sementara ank sy yg alergi parasetamol cmn minun obat dokter untuk tipes dan db,tp tanpa sanmol maupun ibuprofen krn kt dokter ibu profen kontraindikasi dgn db, saat itu anak sy minumin sarikurma tiap setengah jam, pikir sy dgn minum sarikurma pasti dia minta minum putih krn rsanya manis bgt,harapannya anak tdk dehidrasi. Alhamdulillah akhirnya sembuh, sekarang kl anak ini demam kl tdk perlu sekali sy hanya kasih sarikurma,alhamdulillah demamnya bisa turun. Skrg anaknya udah 4thn.
    *Pertanyaannya:* apakah alergi parasetamol itu bisa hilang ato tdk

    Jawab: utk memastikan sebaiknya dilakukan tes alergi. Alergi yg sudah bisa dipastikan penyebab nya ada yg bisa “mereda” dan ada yg tidak. Misal pernah alergi susu, setelah usia sudah semakin besar, dicoba minum susu tidak muncul gejala alergi lagi. Tapi belum tentu hilang total. Saya saran kan konsultasi langsung dengan ahli alergi, karena alergi ini penyakit yg unik dan beda orang bisa berbeda penanganan nya.

    Sesi Interaktif

    Tanya #1 :

    Jazakillah khoir atas jawabannya bu dokter. Sy mau tanya lg, jika saat demam, anak gak mau mimik ASI, bgmn solusinya?

    Jawab

    Kalau demam sampai tidak mau minum ASI kemungkinan anak sdh sangat tdk nyaman. Coba dilakukan langkah2 untuk menurunkan demam (kompres dll sampai minum parasetamol). Biasanya kalau demam nya bisa turun, anak akan mau minum ASI kembali. Jika masih tidak mau minum ASI (padahal masih ASI Ekslusif/ tdk ada asupan lain selain ASI) sebaiknya segera dibawa ke dokter supaya tdk terjadi dehidrasi

    Tanya #2:

    Dok, anak saya 2 bln yg lalu demam 38° hingga 41°, lalu saya periksakan ke klinik,dan tes lab hasilnya leukositnya hingga 3400, beberapa hr sebelumnya urinenya bau sekali, saat periksa kok dokternya nanya, pernah ada lebab tdk?, pilek tdk?, batuk tdk? Saat itu jawabannya tdk smua, anak saya hanya demam tinggi, lalu saya diberi obat. Setelah sampai rumah saya searching2, info yg saya dapat leukocit sebesar itu tanda2 leukimia. Saya khawatir dok tetapi suami sy meyakinkan sy kl putri kmi hanya panas biasa. Sampe sekarang anaknya sehat dok. Apakah benar leukosit sebesar itu blm tentu leukimia dok? Apakah saya perlu tes lab lagi dok

    Jawab :

    Sebaiknya cek lab lagi untuk menyingkirkan kekhawatiran ibu. Leukosit bisa menurun pada kondisi infeksi virus. Mudah-mudahan setelah infeksi nya teratasi, angka leukosit normal kembali. Utk mengetahui nya harus dgn cek lab lagi

    Tanya #3

    Anak F, laki-laki, 16 bulan, 3 pekan lalu kejang demam selama 10 menit. Sebelumnya, dia sudah bisa jalan beberapa langkah.  Setelah demamnya sembuh, motorik kasarnya belum pulih seperti semula. Sekarang berdiri sendiri belum bisa. Apakah yang harus dilakukan?

    Jawab : Dicoba dilatih jalan lagi, karena wajar kalau setelah sakit anak masih belum semangat seperti sebelumnya, apalagi usia nya masih 16bulan. Tapi kalau nampak sekali motoriknya jadi tidak bisa sama sekali sebaiknya dibawa ke dokter anak. Jika diperlukan akan disarankan ke ahli fisioterapi

    Kamis tanggal 16 maret kemaren, sekolah anakku yang nomor tiga mengadakan  rihlah (tamasya) ke Kampoeng Bamboe daerah Cijeruk. Berhubung masih TK, jadi harus didampingi oleh orangtua. Ada 3 bis besar yang menampung rombongan dari sekolah anakku. 

    Berikut ini sedikit deskripsi tentang Kampoeng Bamboe yang kuambil dari websitenya : kampoengbamboe.com 

    Kampoeng Bamboe adalah salah satu lokasi tujuan wisata untuk berlibur, bermain dan belajar dengan nuansa pedesaan di wilayah Bogor Jawa Barat. Akses menuju kawasan ini hanya berjarak 18 KM dari pintu Tol Bogor. Kampoeng Bamboe melayani berbagai kegiatan, mulai dari kegiatan satu hari (tidak menginap, pagi s/d sore) atau menginap. Lokasi ini cocok bagi acara keluarga, sekolah, universitas, organisasi juga acara perkantoran. Pemilihan lokasi Kampoeng Bamboe yang diapit oleh dua gunung, yaitu gunung Pangrango dan gunung Salak akan memberikan pengalaman panorama indah serta mengesankan. Kami menata lingkungan Kampoeng Bamboe secara asri dalam nuansa pedesaan dengan hamparan sawah dan kebun yang menghijau. Suara saut menyaut hewan ternak, burung dan hewan lain yang hidup dipedesaan. Gemericik air mengalir dari pegunungan mengiringi liukan ikan-ikan di kolam perikanan dan kolam pancing. Hembusan semilir angin dalam balutan udara segar diharapkan dapat menciptakan kenyamanan, ketenangan, kesegaran dan kebahagiaan bagi anda yang mengunjungi lokasi Kampoeng Bamboe ini .

    Ada beberapa fasilitas dan permainan yang disediakan  oleh kampoeng bamboe, antara lain :

    Water slider, paint ball, ATS, kolam renang, camping, memancing, kegiatan bercocok tanam dan beternak. Nah, untuk anak TK ambil paket bercocok tanam dan beternak. Kegiatannya seperti belajar menanam, memberi makan hewan ternak (rusa, kambing, ayam ketawa, dan lain-lain). Selain itu ada ekstra bermain ketangkasan (berbagai macam halang rintang seperti naik jaring, merangkak masuk terowongan, bergelantungan, perosotan, labirin/taman sesat dan lain-lain), bermain bola di lumpur, dan perang “bantal” . Perang bantal ini sepertinya yang paling seru^^, karena tiap dua anak duduk di atas palang  besi kemudian beradu bantal, jika kalah maka akan terjatuh ke kubangan lumpur. 

    Rihlah kali ini bener-bener serba lumpur, dan dari awal anak-anak memang tidak pake alas kaki. Baju olahraganya sudah pasti penuh lumpur sampe harus bilas sepuluh kali sebelum akhirnya dicuci pake deterjen. Well.. Berani kotor itu baik #kata iklan^^

    Ini sedikit dokumentasi pas di kampoeng bamboe :

    Waktu masih kecil, mama paling sering bikin cake marmer pake loyang bulat yang ditaruh di atas kompor (oven baking pan). Entah kenapa cake yang satu ini selalu bikin kangen. Aromanya begitu menggoda dan tetep laris manis meskipun  bantat^^. Akhirnya nyoba cari resep yang pas dan lembut. Di internet nemu resep cake marmer jadul Pak Sahak Pribadi. Kata yang pernah nyoba sih beneran lembut n enak. Resepnya bisa search di Google. 

    MARMER CAKE JADUL

    Bahan :

    • 5 butir telur
    • 125 gr gula pasir
    • 1 sdt emulsifier
    • 1 sdt vanilli bubuk
    • 150 gr tepung terigu serbaguna
    • 15 gr maizena
    • 15 gr susu bubuk (aku pake dancow sachet putih) 
    • 100 gr margarin, lelehkan
    • 50 gr minyak sayur
    • 1-2 sdt pasta coklat atau pasta black forest (aku pake coklat bubuk) 

    Cara Membuat :

    • Panaskan oven 180’C. Siapkan loyang tulban 20 cm, oles margarin dan taburi tepung. Sisihkan.
    • Campur dan ayak tepung terigu, maizena dan susu bubuk.
    • Kocok telur, gula pasir, emulsifier, vanilla dan campuran tepung hingga mengembang dan kental (all in one method).
    • Campurkan margarin / butter leleh dengan minyak sayur, kemudian tuang sedikit demi sedikit ke dalam adonan. Aduk balik hingga tercampur rata dan homogen.
    • Ambil 2 sendok sayur adonan, beri pasta coklat. Aduk rata.
    • Tuang adonan putih ke dalam loyang, kemudian tuang adonan coklat di atasnya.
    • Buat motif marmer dengan bantuan, garpu atau tusuk sate.
    • Oven hingga matang selama kurang lebih 30-45 menit (tergantung masing-masing oven ya). Lakukan tes tusuk dan tes sentuh.
    • Angkat dan segera keluarkan dari loyang agar cake tidak menciut.

    Seperti ini penampakan step by step percobaan resepnya  :

    Percobaan cake marmer ini lumayan suksessss alhamdulillah. Kekurangannya  di efek marmer coklat nya yang kurang masuk ke dalam adonan, jadi cuma di permukaan aja yang kena. Dapet saran dari suami, adonan coklatnya selain ditaruh di permukaan juga ditaruh tengah. Mmm .. Boleh juga sarannya^^. Tapi beneran deh cake nya enak banget, lembuuuuut  n manisnya  juga pas. Anak-anak langsung menyerbu, padahal abinya belum selesai motong-motong cakenya. Alhamdulillah.. Jadi inget dulu pas masih kecil, baru nyium aromanya aja udah seneng banget^^

    Bikin cake kali ini aku nyoba pake loyang tulban dan memang hasilnya lebih bagus daripada loyang kotak atau bulat yang biasa aja. Mungkin efek pemanggangannya jadi lebih maksimal dengan adanya lubang di tengah loyang. Loyang tulban yang kupake ukuran diameter 20cm (sesuai resep) dan adonannya ngepas banget. Belinya di kios perkakas dapur di pasar, dan harganya murah banget cuma 15ribu rupiah. 

    OK.. Met nyoba dan nyoba lagi ya. Happy baking daaaaaaannnn met cuci perkakas dapurnya juga # fiufff (*lap keringet). Tapi dengan hasil kue yang enak plus keceriaan suami n anak-anak berasa worth it banget, trust me^^ 

    Setiap kali masak menu ikan (biasanya digoreng aja), selalu ada bagian yang gak laku yaitu kepala ikan. Nah, untuk menyiasatinya, ibu-ibu bisa coba menu kepala ikan asam manis. Jadi kepala ikan goreng yang gak laku tadi dibumbuin dengan bumbu asam manis. Trik ini sudah dicoba berkali-kali daaaaaaannnn kepala ikan nya akhirnya laku juga^^

    Bumbu asam manis nya standar aja ya :

    • Tomat 1 butir,  diiris kecil
    • Bawang bombay iris tipis
    • Bawang putih iris tipis
    • Merica bubuk
    • Saos  tiram (optional) 
    • Saos tomat
    • Cabe merah besar (optional) 

    Tumis bumbunya trus masukin ikannya, tambahkan air, Garam, dan gula sesuai selera. Selamat mencoba^^

    Buku Karyaku yang Pertama

    Panduan Kesehatan Wanita
    Flower_book

    Wahai para ibu, berikanlah hak asASI bayimu!! 0 s.d 6 bln = ASI Eksklusif, setelah itu ASI + MPASI hingga 2 tahun

    Ikon ASI

    Daftar Artikel