Muslimah dan Kesehatan

Kunci Sukses Bikin Nasgor Ada di… 

Posted on: 24/03/2017

Beberapa kali gak sukses masak nasi goreng bikin aku penasaran, sebenarnya apa sih rahasianya tukang nasgor kok bisa enak dan muprul. Muprul itu bahasa jawa untuk menggambarkan nasi yang ga menggumpal, jadi seperti pisah2 gitu nasinya (emang bahasa jawa itu sangat kaya ya, sampe bingung mau njelasin dalam bahasa Indonesianya). Nah, seiring berjalannya waktu, aku baca berita tentang penjual nasgor yang cerita kalau kunci suksesnya ada di BERASnya , tentu saja selain bumbu rahasia mereka. Para penjual nasgor itu make beras pera, bukan beras biasa. Alhamdulillah beras pera ini mudah kudapati di warung karena orang sini banyak yang jualan nasi uduk, dan nasi uduk juga paling bagus kalau makenya beras pera. Lain kali insyaallah aku share juga resep nasi uduk pake magic com. 

Kembali ke nasi goreng pake beras pera..

Dari informasi di Wikipedia, beras pera memiliki kandungan amilosa lebih dari 20% yang membuat butiran nasi nya terpencar-pencar (tidak berlekatan) dan keras. Nilai plus nya lagi adalah indeks glikemik nya lebih rendah dibanding beras biasa, ini artinya lebih bagus untuk yang khawatir kadar gula darah nya tinggi. Selain itu, buat ibu2 yang punya anak kecil macam aku, nasi dari beras pera ini kalo berceceran lebih mudah disapu karena tidak lengket di lantai.

Masalah harga sih tergantung kualitas, tapi selama ini kalo beli beras  pera biasanya lebih mahal dari beras  biasa meski selisihnya gak banyak. Buat yang belum pernah nyoba masak nasgor pake beras pera, mangga atuh bisa dicoba.. Insyaallah hasilnya tidak mengecewakan. Bahkan sekarang kalo ga ada beras pera, biasanya masak nasgornya ditunda dulu, karena udah tau bedanya.

Kalo bumbu nasgor sih relatif  ya. Kalo tips dari temen, biar rasanya gurih macam di resto, nasgornya dibanyakin kemirinya trus masaknya jangan pake minyak goreng tapi pake margarin aja. Selamat mencoba.. 

Ini nasgor favorit yang biasanya selain buat sarapan di rumah juga dibawa buat bekal ke sekolah :

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buku Karyaku yang Pertama

Panduan Kesehatan Wanita
Flower_book

Wahai para ibu, berikanlah hak asASI bayimu!! 0 s.d 6 bln = ASI Eksklusif, setelah itu ASI + MPASI hingga 2 tahun

Ikon ASI

Daftar Artikel

%d blogger menyukai ini: