Muslimah dan Kesehatan

Persediaan Bumbu Iris

Posted on: 25/03/2017

Bagi ibu2 yang punya seabrek kerjaan rumah, tentu pengennya aktivitas memasak itu bisa cepat, praktis, dan enak. Selain persediaan bumbu halus yang sering disebut dengan istilah bumbu putih, bumbu kuning, dan bumbu merah, aku punya persediaan bumbu yang tak biasa. Aku nyebutnya sih “bumbu iris” karena isinya semua bahan yang diiris. Ibu-ibu pasti sepakat kan kalau masak itu yang lama ngeraciknya sama cuci peralatan dapurnya. Kalau cemplang cemplungnya sih cepet, kayak chef yang masak itu kan diliatin semua bahan udah siap dan ga mungkin dong diliatin dia lagi nyuci piring..

Aku naruh stock bumbu iris di semacam wadah catering gitu, jadi satu wadah banyak sekatnya. Isinya irisan bawang merah, irisan bawang putih, irisan cabe, daun salam dan laos yang udah dipotong2. Ketebak  dong itu bumbu apa? Yak bener banget, itu adalah bumbu oseng. 

Kelebihannya kita bisa menghemat banyak waktu dengan adanya bumbu yang sudah diracik. Sedangkan kelemahannya memang ga seawet bambu halus yang bisa dimasukin freezer. Untuk menyiasatinya, persediaannya ga usah banyak2, secukupnya aja, kira2 bisa untuk masak oseng berapa kali. Oh ya, nyimpennya di kulkas ya, tapi jangan di freezer, ntar jadi es laos..

Bisa untuk masak oseng apa aja sih? Banyak banget lho, contohnya oseng kangkung, cumi, pare, tahu buncis, daun pepaya, bunga pepaya, dan lain2. Cara masaknya juga standar, tumis bumbu iris sampe layu kemudian masukin bahan dan sayurannya. Tambahkan air, kecap, saos tiram, garam, dan gula sesuai selera. Tunggu sampe matang, dan selesai. Praktis banget kan?! 

Ini beberapa masakan oseng yang pernah kubikin dan sempet  kufoto (oseng buncis tahu dan oseng cumi asin)  :

Selamat mencoba.. 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buku Karyaku yang Pertama

Panduan Kesehatan Wanita
Flower_book

Wahai para ibu, berikanlah hak asASI bayimu!! 0 s.d 6 bln = ASI Eksklusif, setelah itu ASI + MPASI hingga 2 tahun

Ikon ASI

Daftar Artikel

RSS Muslimah.or.id

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
%d blogger menyukai ini: